Kematangan cara berpikir dan kebijaksanaan yang dimiliki akan membantu mereka

Kematangan cara berpikir dan kebijaksanaan yang

This preview shows page 50 - 53 out of 101 pages.

Kematangan cara berpikir dan kebijaksanaan yang dimiliki akan membantu mereka dalam proses pembuatan keputusan (Kusumastuti et.al., 2007). Penelitian yang dilakukan oleh Darmadi (2011) menemukan bahwa anggota dewan direksi usia berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Semakin bertambahnnya usia dewan direksi, maka semakin bertambah kebijaksanaan seorang dewan direksi. Kebijaksanaan yang dimiliki dewan direksi dan kematangan cara berpikir akan membantu dewan direksi dalam proses pengambilan keputusan yang akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Usia dewan direksi merupakan jumlah anggota dewan direksi yang memiliki usia lebih dari 50 tahun dibandingkan seluruh anggota dewan direksi dalam perusahaan. Dari uraian tersebut, maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut: H5: Usia dewan direksi berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.
Image of page 50
BAB III METODE PENELITIAN 3.1. Waktu Dan Wilayah Penelitian Penelitian ini dilakukan mulai dari pengajuan judul penelitian hingga terlaksananya laporan penelitian terhitung sejak bulan Desember 2017 sampai dengan selesai. Wilayah penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014- 2017. 3.2. Jenis Penelitian Berdasarkan sifatnya, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data dalam bentuk angka-angka dan dapat dinyatakan dalam satuan hitung (Sugiyono, 2015). Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh karakteristik dewan direksi terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI tahun 2014-2017. Data yang diperlukan dalam penelitian membuat penelitian ini juga termasuk studi empiris pada perusahaan BUMN go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dimana masing-masing perusahaan yang termasuk perusahaan BUMN go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) melaporkan laporan keuangannya dalam website Bursa Efek Indonesia ( ).
Image of page 51
32 3.3. Populasi, Sampel Dan Teknik Pengambilan Sampel Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Alasan memilih seluruh perusahaan BUMN ini adalah karena perusahaan tersebut sesuai dengan fenomena selama periode penelitian yakni tahun 2014-2017. Teknik pengambilan sampel dari populasi menggunakan metode purposive sampling , yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Adapun kriteria-kriteria yang digunakan dalam proses pengambilan sampel adalah sebagai berikut: 1. Perusahaan yang konsisten terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014-2017. 2. Perusahaan telah menyajikan laporan tahunan per 31 Desember untuk tahun 2014-2017 yang telah diaudit. Berdasarkan kriteria tersebut perusahaan yang dipilih menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Tabel 3. 1 Penghitungan Sampel Penelitian No. Kriteria Jumlah 1 Jumlah BUMN yang konsisten terdaftar di BEI tahun 2014-2017 20 2 Perusahaan BUMN yang tidak menyajikan laporan tahunan selama tahun 2014-2017 (0)
Image of page 52
Image of page 53

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture