Ketidaktulusan ini memang sudah dicurigai sejak la Simarmata 2006 Dalam konteks

Ketidaktulusan ini memang sudah dicurigai sejak la

This preview shows page 3 out of 3 pages.

‘susunan asli’ itu. Ketidaktulusan ini memang sudah dicurigai sejak lama ( Simarmata, 2006) . Dalam konteks penerapan UU Desa sebagai salah satu jalan untuk melakukan pengakuan hak-hak masyarakat (hukum) adat ini, ketidaktulusan ini semakin nyata dengan hadirnya tafsir sepihak dari Pemerintah yang beranggapan masa transisi untuk menetapkan keberadaan desa adat itu telah berakhir pada tanggal 15 Januari 2015 lalu. Tafsir itu telah memakan korban. Di Bali, misalnya, karena kurangnya waktu untuk bermusyawarah untuk menerapkan amanat Pasal 6 dan Penjelasannya, telah timbul ketegangan antara pihak yang pro desa adat dan yang menolaknya. Hal yang sama juga terjadi di Sumatera Barat. Di beberapa kabupaten di Riau proses legislasi untuk penetapan desa adat yang sudah sampai pada tahap paripurna akhirnya dihentikan karena tengat penetapan desa adat telah terlampaui. Belum termanfaatkannya peluang perubahan melalui penerapan nomenklatur desa adat di daerah yang relevan juga tidak dapat dilepaskan dari relatif rendahnya kapasitas Pemerintah Daerah terkait. Sampai pada batas tertentu juga rendahnya kapasitas komunitas dan organisasi masyarakat sipil. Padahal, Peraturan Pemerintah 47/2015 jelas-jelas memerintahkan Pemerintah daerah kabupaten/kota melakukan inventarisasi Desa yang ada di wilayahnya yang dapat ditetapkan menjadi desa adat. Pengalaman tidak termanfaatkannya peluang pengakuan hak masyarakat (hukum) adat setempat atas penetapan hutan adat; kebijakan tentang pengakuan dan perlindungan hak-hak masyarakat adat; dan juga kebijakan tentang ‘pemerintahan desa’ yang ramah tradisi lokal yang sejatinya telah dimulai sejak diberlakukannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah yang lalu, sepertinya akan berulang. Maka, ketiga masalah ini harus segera diatasi Presiden Jokowi, jika tidak ingin dikatakan sebagai presiden yang tidak serius dengan janji kampanyenya.***
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 3 pages?

  • Fall '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes