Gambar 36 gelombang laut titik tertinggi dari suatu

This preview shows page 41 - 44 out of 49 pages.

Gambar 36. Gelombang laut Titik tertinggi dari suatu gelombang disebut puncak gelombang, dan titik yang terendah disebut palung gelombang. Jarak dari satu puncak ke puncak berikutnya disebut panjang gelombang. Tinggi gelombang air sama dengan jarak vertikal antara puncak dengan palung. Waktu yang dipakai gelombang untuk melaju dari puncak ke puncak berikutnya dinamakan periode gelombang. Gelombang laut kadang-kadang disebut gelombang permukaan dan pada kedalaman gerak gelombang hanya beberapa persen dari gelombang permukaan sehingga kapal-kapal selam yang menyelam sedalam 30 m atau lebih, sama sekali tidak terpengaruh oleh gerak yang terjadi di permukaan. Gelombang air laut dapat terjadi karena beberapa faktor, yaitu sebagai berikut. 1. Angin Angin laut yang bertiup di atas permukaan laut dapat merupakan pambangkit utama gelombang. Peristiwa ini terjadi pada angin dan air. Oleh karena itu, apabila pergesekan antara angin dan air itu kencang, maka terjadilah gelombang besar. Sifat gelombang yang digerakkan oleh angin ini dipengaruhi oleh : ! Kecepatan angin. Semakin cepat angin bertiup, semakin besar gelombang yang terbentuk. ! Waktu angin bertiup.
Image of page 41

Subscribe to view the full document.

HIDROSFER 39 Semakin meningkat waktu angin pembangkit gelombang bertiup, akan semakin meningkat pula tinggi dan panjang gelombang. ! Jarak tanpa rintangan bertiupnya angin Semakin jauh jarak rintangan angin akan semakin tinggi dan panjang gelombang yang terbentuk. Gelombang yang berada di perairan pedalaman seperti di Laut Jawa ataupun di selat-selat lebih kecil pada gelombang yang ada di perairan yang terbuka seperti di Samudra Hindia. 2. Gelombang yang terjadi karena gempa laut Di dasar laut sering terjadi gempa yang disebabkan oleh diselokasi (perpindahan atau retakan-retakan pada kulit bumi) ataupun letusan-letusan gunung berapi. Gempa ini sering menimbulkan gelombang besar yang disebut Tsunami, dan kadang-kadang mengakibatkan kerusakan hebat. Gelombang yang mendadak ini mempunyai kecepatan sampai 80 km/jam, dan apabila mencapai daerah pantai gelombang tersebut ketinggiannya meningkat secara drastis, membuat kekuatan yang merusak dan menakutkan. Gambar 37. Gelombang laut akibat gempa Gerakan air laut yang berupa gelombang ini seakan-akan merugikan kita. Namun sebenarnya tenaga kinetik (tenaga gerak) gelombang laut itu, terutama yang disebabkan oleh perbedaan pasang surut yang tinggi dan dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan generator listrik terapung.
Image of page 42
HIDROSFER 40 Gelombang tinggi dengan periode pendek dihasilkan oleh angin kuat yang dekat. Gelombang tinggi dengan periode panjang dihasilkan oleh angin sangat kuat yang jauh. Gelombang rendah dengan periode pendek dihasilkan oleh angin lemah yang dekat dan gelombang rendah dengan periode panjang dihasilkan oleh angin sedang yang jauh.
Image of page 43

Subscribe to view the full document.

Image of page 44

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern