Penggunaan pendekatan pembelajaran berbuat pada teori

  • No School
  • AA 1
  • 38

This preview shows page 18 - 20 out of 38 pages.

penggunaan pendekatan pembelajaran berbuat pada teori pendekatan nilai dalam pendidikan moral menjadi pilihan dalam proses belajar mengajar para guru? Untuk menjawab masalah pertama dapat diselesaikan dengan menggunakan survei. Caranya: pilih responden para guru dengan teknik random sederhana; bagikan kuesioner kepada mereka; gunakan statistik deskriptif untuk menganalisis awalnya dan jika ingin menggunakan analisis statistik inferensial, peneliti dapat menggunakan analisis faktor. Hasil analisis menunjukkan, misalnya diantaranya ialah a) faktor ketepatan (strategi pembelajaran), b) kecenderungan dalam dunia pendidikan moral, c) berkaitan dengan kecenderungan pendidikan moral, yaitu pendidikan karakter, dan d) melakukan eksperimen keefektifan model pembentukan karakter bangsa. Untuk menjawab formulasi masalah kedua, peneliti harus menggunakan pendekatan kualitatif, metode wawancara. Dalam wawancara peneliti menanyakan hal-hal diantaranya: b. mengapa para guru menggunakan pendekatan pembelajaran berbuat pada teori pendekatan nilai dalam pendidikan moral? c. siapa yang melakukan seleksi penggunaan pendekatan pembelajaran berbuat pada teori pendekatan nilai dalam pendidikan moral? d. bagaimana prosedur pemilihan pendekatan pembelajaran berbuat pada teori pendekatan nilai dalam pendidikan moral? e. sebutkan pertimbangan utama dalam menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran berbuat pada teori pendekatan nilai dalam pendidikan moral? Jika peneliti menggunakan model ketiga ini, hal yang perlu diingat ialah pemilihan responden harus dilakukan dalam dua kali. Pertama dengan menggunakan teknik probabilitas, peneliti memilih responden untuk mengisi kuesioner dan kedua peneliti mengambil sampel lain lagi yang akan digunakan sebagai informan dalam wawancara. Peneliti tidak boleh menggunakan responden yang sama karena yang bersangkutan menggunakan dua metode yang berasal dari pendekatan yang berbeda. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi interpolasi (informasi yang satu dengan yang lain bertentangan, sedangkan sumbernya sama) dalam informasi yang diperolehnya. F. Model Julia Brannen Brannen (1992) mengusulkan bahwa dalam menggabung metode, didasarkan atas pertimbangan bahwa orang melakukan penelitian didorong oleh logika penelitian ( logic of
Image of page 18

Subscribe to view the full document.

enquiry ). Dari segi logika penelitian memunculkan pertanyaan: apakah penelitian dilakukan secara/dengan induktif atau sebaliknya dilakukan secara/dengan deduktif dalam mencari temuan-temuanya? Walaupun dalam kenyataanya banyak peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan logika pemikiran deduktif dan induktif secara bersamaan. Berikutnya, apabila logika penelitian memerlukan adanya metode gabungan, maka metode tersebut perlu dilakukan pengurutan, yaitu bersamaan atau berurutan. Kosekuensinya, dalam membuat urut-urutan penggunaan metode, hal-hal berikut harus menjadi pertimbangan: (1) apakah metode tertentu akan ditempatkan di awal penelitian, apakah metode tertentu akan digunakan sebagai pendahulu saja, apakah metode berbeda (kuantitatif
Image of page 19
Image of page 20
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes