3 Rencana tindakan menciptakan akuntabilitas dengan mengidentifikasikan siapa

3 rencana tindakan menciptakan akuntabilitas dengan

This preview shows page 20 - 23 out of 40 pages.

3) Rencana tindakan menciptakan akuntabilitas dengan mengidentifikasikan siapa saja yang bertanggung jawab atas setiap tindakan yang direncanakan. 4) Setiap tindakan memiliki satu atau lebih tujuan spesifik dan mendesak yang harus dicapai oleh tindakan tersebut. 9. Taktik Fungsional Rencana jangka pendek dengan lingkup terbatas yang mendetail “sarana” atau kegiatan yang akan digunakan untuk mencapai tujuan jangka pendek. 10. Kebijakan Merupakan keputusan luas yang didasarkan pada keputusan sebelumnya yang mengarahkan atau menggantikan direksi manajerial pada pengambilan keputusan yang repetitive . 11. Restrukturisasi, Rekayasa, dan Pemusatan Organisasi Dalam proses manajemen strategi pendampingan, restrukturisasi dan rekayasa merupakan istilah-istilah yang mencerminkan tahapan kritis dalam implementasi strategi dimana manajer berusaha membentuk kembali organisasinya. Struktur, budaya kepemimpinan dan system imbalan perusahaan dapat diubah untuk memastikan keunggulan biaya dan kualitas yang dituntut secara khusus oleh strategi perusahaan.
Image of page 20
29 12. Pengendalian Strategi dan Perbaikan Kontinyu Pengendalian strategi sendiri berkaitan dengan penelusuran suatu strategi ketika diimplementasikan, mendeteksi masalah atau perubahan pada asumsi dasar serta membuat penyesuaian yang diperlukan.Sedangkan perbaikan kontinu sendiri menyediakan sarana bagi para manajer untuk menyajiakn suatu bentuk perbaikan strategis yang memungkinkan organisasi meteka dapat memberikan tanggapan secara lebih proaktif dan tepat waktu terhadap kemajuan. 2.4. Analisis Lingkungan Eksternal – Lingkungan Operasi Lingkungan operasional, atau yang juga sering disebut dengan lingkungan persaingan atau tugas , biasanya jauh lebih dapat dipengaruhi atau dikendalikan oleh perusahaan dibandingkan dengan lingkungan jauh. Jadi,perusahaan dapat lebih proaktif (bukan reaktif) dalam menangani lingkungan operasional ketimbang dalam menangani lingkungan jauh. Lingkungan operasional terdiri dari faktor-faktor dalam situasi persaingan yang mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan dalam mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan atau dalam memasarkan produk dan jasanya secara menguntungkan. Faktor-faktor tersebut dapat diuraikan sebagai berikut: 1. Posisi Bersaing Menilai posisi bersaing dapat meningkatkan kesempatan perusahaan untuk merancang strategi yang mengoptimalkan peluang yang muncul dari lingkungan.pegembangan profil pesaing memungkinkan suatu perusahaan memprakirakan secara lebih akurat baik potensi pertumbuhan jangka pendek dan jangka panjang, maupun potensi labanya.
Image of page 21
30 2. Profil Pelanggan Megembangkan profil pelanggan dan calon pelanggan perusahaan meningkatkan kemampuan para manajernya untuk merencanakan operasi stategik,untuk mengantisipasi perubahan besar pasar, dan untuk merelokasi sumber daya guna mendukung perubahan pola permintaan. Ancangan tradisional untuk mensegmentasi pelanggan didasarkan pada profil pelanggan yang disusun menurut informasi: geografis, demografis, psikografis, dan perilaku pembeli.
Image of page 22
Image of page 23

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 40 pages?

  • Winter '19
  • Dwi Idawati

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture