52 jawaban e pembahasan front dingin umumnya terdapat

This preview shows page 19 - 22 out of 40 pages.

permukaan laut di ekuator lebih tinggi daripada di lintang menengah. 52. Jawaban : E Pembahasan : Front dingin umumnya terdapat di daerah lintang tinggi dan lintang menengah, sedangkan Indonesia berada di sekitar ekuator. Dengan demikian, hampir tidak ada awan di Indonesia yang terbentuk karena front dingin.
Image of page 19
53. Jawaban : E Pembahasan : Karakteristik yang khas dari awan kumulonimbus membuat ia dapat menyebabkan hujan lebat, petir, hujan batu es (hail), angin kencang, dan tornado. Kumulonimbus dapat menghasilkan hujan lebat maupun hujan batu es karena ia tumbuh secara vertikal dan tinggi serta kandungan airnya yang relatif tinggi. Ia juga dapat menghasilkan petir karena di dalam awan ini unsur-unsur penyusunnya (tetes air dan es) bergerak secara dinamis, sehingga menyebabkan terjadinya pertukaran muatan listrik di dalam awan. Kemudian, muncul perbedaan potensial listrik antara awan ini dengan lingkungan sekitarnya yang memicu terjadinya kilat (cahaya) dan petir (suara). Awan ini juga dapat menyebabkan angin kencang maupun tornado karena ia menyimpan energi yang sangat besar dari pelepasan panas laten saat uap air mengembun dalam jumlah banyak. 54. Jawaban : A Pembahasan : Dalam meteorologi, “awan panas” adalah awan yang suhunya > 0 0 C. Karena suhunya di atas titik beku, ia hanya tersusun oleh tetes air. Oleh karena itu, tetes hujan di dalam awan ini umumnya tumbuh melalui proses tumbukan dan tangkapan (collision and coalescence). Dalam proses ini, tetes besar yang jatuh akan bertambah besar akibat tumbukan dengan tetes-tetes kecil dalam lintasan jatuhnya. Setelah menumbuk, tetes besar ini akan menangkap tetes-tetes kecil tersebut. Oleh karena itu, proses ini disebut “tumbukan dan tangkapan”. Mekanisme ini bekerja karena tetes besar jatuh lebih cepat daripada tetes kecil. Ilustrasinya dapat dilihat pada gambar di samping. 55. Jawaban : D Pembahasan : Turbopause adalah batas antara homosfer dan heterosfer. 56. Jawaban : C Pembahasan: Pola curah hujan di Ambon adalah pola curah hujan lokal yang cirinya adalah curah hujan maksimum umumnya terjadi di bulan-bulan Juni-Juli-Agustus. Semarang yang terletak di Pulau Jawa memiliki pola curah hujan monsunal yang curah hujan maksimumnya umum terjadi di bulan-bulan Desember-Januari-Februari. Dengan demikian, pola curah hujan di Ambon berkebalikan dengan di Semarang.
Image of page 20
57. Jawaban : E Pembahasan : Angin (komponen atmosfer) yang berinteraksi dengan permukaan laut menyebabkan air di dekat permukaan laut tercampur aduk, sehingga panas dari radiasi matahari yang diterima permukaan laut akan terdistribusi ke bagian laut yang lebih dalam. Akibatnya, lapisan campuran (mixed layer) yang kedalamannya dapat mencapai 50 hingga 200 meter di bawah permukaan laut mempunyai distribusi suhu yang seragam dari atas ke bawah. 58. Jawaban : A Pembahasan : Di dalam stratosfer terdapat lapisan ozon yang menyerap radiasi ultraviolet dari matahari, sehingga temperatur di lapisan ini naik terhadap ketinggian.
Image of page 21
Image of page 22

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 40 pages?

  • Fall '19

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes