PENGHITUNGAN PPH WAJIB PAJAK BADAN.docx

B memberitahukan kepada direktur jenderal pajak dalam

Info icon This preview shows pages 5–7. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
b. Memberitahukan kepada Direktur Jenderal Pajak dalam jangka waktu 3 bulan pertama dalam tahun pajak yang bersangkutan. c. Wajib Pajak memperoleh penghasilan bruto tidak melebihi jumlah sesuai ketentuan. Apabila Wajib Pajak orang pribadi yang berhak bermaksud untuk menggunakan Norma Penghitungan Penghasilan Neto, tetapi tidak memberitahukannya kepada Direktur Jenderal Pajak dalam jangka waktu yang ditentukan, Wajib Pajak tersebut dianggap memilih menyelenggarakan pembukuan. Wajib Pajak yang wajib menyelenggarakan pembukuan, wajib menyelenggarakan pencatatan, atau dianggap memilih menyelenggarakan pembukuan, tetapi: a. Tidak atau tidak sepenuhnya menyelenggarakan kewajiban pencatatan atau pembukuan; atau b. Tidak bersedia memperlihatkan pembukuan atau pencatatan atau bukti-bukti pendukungnya pada waktu dilakukan pemeriksaan sehingga mengakibatkan peredaran bruto dan penghasilan neto yang sebenarnya tidak diketahui maka peredaran bruto wajib pajak yang bersangkutan dihitung dengan cara lain yang diatur dengan atau berdasarkan peraturan menteri keuangan dan penghasilan netonya dihitung dengan menggunakan norma penghitungan penghasilan neto. Penggunaan Norma Penghitungan tersebut pada dasarnya dilakukan dalam hal: 5
Image of page 5

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
a) Tidak terdapat dasar penghitungan yang lebih baik, yaitu pembukuan yang lengkap; atau b) Pembukuan atau catatan peredaran bruto wajib pajak ternyata diselenggarakan secara tidak benar. Norma Penghitungan ini diharapkan akan membantu Wajib Pajak yang belum mampu menyelenggarakan pembukuan untuk menghitung penghasilan neto. Menurut Undang-Undang PPh 2008 ini yang diperbolehkan untuk menghitung penghasilan neto dengan menggunakan NPPN adalah Wajib Pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas yang peredaran brutonya dalam satu tahun kurang dari Rp4.800.000.000,00 (empat miliar delapan ratus juta rupiah), dengan syarat memberitahukan kepada Direktur Jenderal Pajak dalam jangka waktu tiga bulan pertama dari tahun pajak yang bersangkutan (sesuai pasal 14 ayat 2 Undang-Undang PPh tahun 2008). Wajib Pajak badan diwajibkan menyelenggarakan pembukuan sebagaimana dimaksud pasal 28 ayat 1 Undang-Undang KUP 2009. Sejak Keputusan Direktur Jenderal Pajak No. Kep.01/PJ./1991 dan Kep.02/PJ.1991 (yang memperbolehkan Wajib Pajak Badan menggunakan NPPN) dinyatakan tidak berlaku seiring dengan berlakunya Kep.536/PJ./2000, dan terhadap Wajib Pajak Badan tidak diperbolehkan menggunakan NPPN, baik saat Wajib Pajak mengisi Surat Pemberitahuannya maupun saat Pemeriksa Pajak menghitung penghasilan kena pajak secara jabatan. Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2013 Wajib Pajak UMKM Yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu, Dikenai Pajak Penghasilan Yang Bersifat Final tarif 1% Dalam rangka peningkatan peran serta Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam perpajakan melalui peningkatan voluntary tax compliance serta perlunya penerapan perlakuan perpajakan bagi Wajib Pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2013 Tentang Pajak
Image of page 6
Image of page 7
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern