Alasannya adalah kurang baikdimaka kurang pulen berarti masih mud ada juga yang

Alasannya adalah kurang baikdimaka kurang pulen

This preview shows page 6 - 8 out of 50 pages.

merah umumnya tidak diterima pada harga yang lebih murah sekalipun. Alasannya adalah kurang baikdimaka, kurang pulen, berarti masih mud, ada juga yang bisa menerima kalau tidak ada barang atau kalau konsumen menyukai. Kemasan yang digunakan adalah kemasan plastik dan beberapa menggunakan kardus. Mereka umumnya menyimpan dengan cara diletakkan saja di tempat terbuka, atau dalam kotak kayu/keranjang, ada yang di kulkas (pengolah/rumah tangga), ada juga yang tidak pernah menyimpan alias langsung habis (pengolah). 2. Konsumen Supermarket Semua pembeli di supermarket adalah pembeli rumah tangga yang semuanya menggunakan kentang untuk tujuan konsumsi. Umumnya mereka mengolah kentangsebagai lauk pauk atau cemilan, bahakan ada yang mengkonsumsi untuk menggantikan nasi. Beberapa jenis masakan yang sering mereka olah adalah oup, perkedel, cap jae, sambal goreng, pure, rendang, keripik, dan kentang goreng. Umumnya mereka mengkonsumsi kentang tidak secara teratur, kecuali mereka yang sudah mulai menggunakannya untuk mensubstitusi nasi. Umumnya mereka menjawab tidak tentu, seminggu sekali atau 2-3 hari sekali, dengan pembelian rata-rata bervariasi mulai 1/2 sampai 5kg. Variasi pola pembelian ini secara sepesifik tidak dapat diketahui. Mereka membeli lebih banyak hanya jika ada acara atau pesta, iedul fitri, akhir minggu, dan akhir tahun/natal. Atribut kentang yang disukai adalah ukuran yang besar, kuning, tua- keras, kulitnya bersih, dan tidak busuk. Alasan tidak memilih atribut-atribut tersebut adalah rasa yanglebih enak, pulen, atau empuk; dan gampang mengupas. Di antara responden ada yang menyukai yang tidak terlalu besar dengan alasan isinya banyak. EKONOMI MIKRO Page 6
Image of page 6
Pendapat tentangharga sekarang umumnya adalah tinggi dan terlalu tinggi dan lainnya biasa saja. Tampaknya ada konsumen yang peduli terhadap harga adapula yang kurang memperhatikan harga. Fluktuasi harga sendiri tidak dapat dicari polanya. Beberapa menyatakan kalau menjelang natal, tahun baru,dan lebaran. Respon terhadap kenaikan harga bervariasi tapi umumnya tetap beli, meskipun ada yang menjawab tidak beli dan cari pengganti tanpa menyebut apa penggantinya. Sedangkan apabila harga naik sebagian besar mereka masih tetap membeli dengan tingkat konsumsi dikurangi, sebagian menjawab cari pengganti, dan tidak tahu. Batas harga maksimal yang dapat ditolelir umumnya sulit dinyatakan oleh konsumen. Mayoritas konsumen akan membeli lebih jika harga lebih rendah. Beberapa memberikan respon yang baik untuk kualitas yang lebih bagus. Akan tetapi tidak ada yang akan membeli lebih terhadap atribut kemasan yang bagus, informasi gizi, dan tambahan resep. Harga dan kualitas tampaknya memiliki peranan yang cukup baik untuk meningkatkan konsumsi kentang. Sikap terhadap kentang lonjong menunjukkan bahwa sebagian besar akan membeli lebih kalau harganya lebih murah. .meskipun sebagian tidak tertarik meskipun harganya rendah. Untuk harga yang sama umumnya mereka tidak akan membeli. Ada sedikit konsumen yang akan membeli lebih. Namun kalau harganya lebih tinggi hampir semua menolak membeli lebih. Hanya satu dua yang masih mau membeli lebih. Berarti kentang lonjong secara umum tidak
Image of page 7
Image of page 8

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 50 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors