Sedangkan peran dan fungsinya secara khusus SPIP adalah merupakan salah satu

Sedangkan peran dan fungsinya secara khusus spip

This preview shows page 88 - 91 out of 118 pages.

perencanaan hingga pada tataran evaluasi/pelaporannya. Sedangkan peran dan fungsinya secara khusus, SPIP adalah merupakan salah satu perangkat/instrument yang memberikan penguatan dan kejelasan tentang pentingnya system pengendalian intern dalam lingkup pemerintahan. Pengendalian intern ini dimaksudkan untuk memberikan keyakinan yang memadai kepada para pimpinan tentang proses pelaksanaan atas kegiatan-kegiatan yang berada dalam lingkup tanggung jawabnya. Dalam perannya ini, SPIP dijalankan secara khusus oleh APIP yang dalam pelaksanaannya menjadi salah satu perangkat untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan. Gambar 9 SPIP dalam Manajemen Pemerintahan
Image of page 88
87 Modul Manajemen Pengawas Pelatihan Kepemimpinan Pengawas C. Latihan Untuk latihan dalam materi pokok ini, Fasilitator/Widyaiswara dapat meminta/melakukan: 1. Peserta pelatihan memberikan contoh penerapan SPIP yang dinilai baik/terbaik ( best practice ) atau kurang baik di instansinya/unit kerja yang menjadi tanggung jawabnya; 2. Melakukan analisa kasus atau mendiskusikan kasus yang terjadi berdasarkan pengalaman masing-masing peserta; 3. Selain itu, untuk mengukur atau menilai respon peserta terhadap proses pembelajaran tentang materi pokok ini, dapat pula dilakukan proses tanya jawab dengan memerankan peserta lain untuk bertanya dan menjawab, yang kemudian dilakukan pembulatan oleh Widyaiswara. D. Rangkuman SPIP menjadi bagian integral dan menyatu dengan instansi dan kegiatan secara terus menerus dalam semua tahapan manajemen: mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Penerapan SPIP oleh semua pimpinan dan pegawai pada semua tingkatan unit kerja adalah lebih bersifat “pengendalian” atau “pengawasan melekat” atau inheren yang dilakukan oleh pimpinan dan staf instansi atau unit kerja. Sedangkan pengawasan intern yang dilakukan APIP adalah pengawasan yang lebih bersifat berkala terhadap instansi atau unit-unit kerja, dan lebih bersifat auditif. Dalam pelaksanaannya SPIP dapat dilakukan oleh pimpinan sebagai bentuk pengawasan melekat, dan oleh unit kerja/instansi khusus yang secara tugas dan fungsinya melakukan pengawasan. Dalam konteks ini, unit kerja/instansi dimaksud, antara lain adalah: BPKP dan Inspektorat Jendral/Inspektorat Utama/ Inspektorat. Di dalam PP 60 tahun 2008, disebutkan bahwa unsur SPIP terdiri dari: 1. Lingkungan pengendalian;
Image of page 89
88 Modul Manajemen Pengawas Pelatihan Kepemimpinan Pengawas 2. Penilaian risiko; 3. Kegiatan pengendalian; 4. Informasi dan komunikasi; dan 5. pemantauan pengendalian intern. Sedangkan yang menjadi fokus utama pengawasan oleh SPIP adalah untuk memenuhi prinsip yang berkaitan langsung dengan tujuan pengawasan, antara lain: 1. Keterbukaan dan transparansi ( openness and transparancy ); 2. Tanggung gugat (accountability); 3. Efisiensi; 4. Efektivitas; 5. Profesionalisme dan kompetensi. Secara umum peran dan fungsi SPIP lebih bersifat pengendalian dan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan pemerintahan agar tidak terjadi kesalahan atau meminimalisir kesalahan, mulai dari perencanaan hingga pada tataran evaluasi/pelaporannya.
Image of page 90
Image of page 91

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 118 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors