Contoh lain jika unit organisasi pengawas yang mengurus persampahan baik

Contoh lain jika unit organisasi pengawas yang

This preview shows page 17 - 21 out of 71 pages.

Contoh lain, jika unit organisasi pengawas yang mengurus persampahan baik organik maupun non organik di semua pemerintah daerah dan kementerian/lembaga termasuk pemberdayaan dan pelibatan stakeholders- nya memilki kinerja yang baik, maka akan memberikan kontribusi positif bagi kinerja pengelolaan sampah pada tingkat daerah dan kemudian nasional. Karena itu, isu-isu pada tingkat unit organisasi terkait erat dengan isu-isu yang berkembang pada tingkatan yang lebih tinggi bahkan nasional, sebagaimana gambar berikut ini.
Image of page 17
12 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Gambar 1. Keterkaitan isu strategis nasional/daerah, instansi dan unit kerja D. Perumusan Kebijakan Bermula dari Isu Strategis Proyek perubahan yang direncanakan dan kemudian dilaksanakan peserta PKP melekat pada jabatannya atau jabatan yang akan didudukinya, karena itu bersifat dinas dan harus mendapat izin dan dukungan dari pejabat atasan di instansinya. Sebenarnya, proyek perubahan perseta PKP merupakan kebijakan publik tingkat unit organisasinya. Agar kebijakan publik tersebut berhasil dan sesuai dengan permasalahan yang sebenarnya, maka perumusan kebijakan harus dimulai dengan mengidentifikasn berbagai isu yang berkembang, yang kemudian dianalisa dan dipilih menjadi beberapa isu strategis, yang kemudian dipilih kembali menjadi satu isu strategis yang akan menjadi substansi untuk diselesaikan melalui proyek perubahan peserta.
Image of page 18
13 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Demikian pula, aksi perubahan merupakan kebijakan di tingkat jabatan Pengawas atau peserta PKP, maka penyusunanrencana aksi peserta pengendalian kegiatan pelayanan publik juga harus dimulai dengan mengindetifikasi isu-isu yang berkembang di tingkat unit organisasi Pengawas, yang kemudian dipilih menjadi satu isu strategis sebagai fokus dari aksi perubahan yang akan direncanakan dan dilaksanakan. E. Pemilihan Isu Strategis dan Gagasan Perubahan Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa isu-isu yang telah kita identifikasi, perlu kita seleksi sehingga kita memperoleh beberapa isu yang dinilai strategis. Gambar 2 Memilih Beberapa Isu Menjadi Isu Strategis Untuk Proyek Perubahan Dari beberapa isu yang relevan dengan tugas dan fungsi Pengawas, diseleksi menjadi beberapa isu strategis, kemudian menjadi satu isu strategis yang dapat dijadikan fokus substansi untuk penyusunan rencana perubahannya. Untuk memilih banyak isu menjadi beberapa isu strategis dan akhirnya menjadi satu isu terpilih untuk recana perubahan, kita dapat menggunakan kriteria. Jumlah dan nama kriteria dapat saja berbeda antar unit organisasi atau instansi. Alternatif lain, isu strategis dapat diplih langsung dari beberapa isu strategis yang berhasil diidentifikasi. Hal yang perlu diperhatikan adalah proses dan kriteria ketika langsung memilih beberapa isu strategis, tanpa dimulai dari banyak isu (masih bercampur antara isu-isu tidak strategis dan isu-isu strategis), tapi langsung menentukan isu-isu strategis kemudian memilihnya menjadi satu isu strategis.
Image of page 19
14
Image of page 20
Image of page 21

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 71 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors