3 Pusat Informasi Customer Service adalah satu satunya personil yang dengan

3 pusat informasi customer service adalah satu

This preview shows page 2 - 6 out of 10 pages.

3. Pusat Informasi Customer Service adalah satu-satunya personil yang dengan mudah dihubungi oleh nasabah pada kesempatan pertama, maka petugas customer service menjadi pusat dan narasumber informasi mengenai produk dan jasa bank.
Image of page 2
4. Sales (penjual) Customer Service dapat berfungsi sebagai penjual produk, dengan menjual berbagai produk yang ada pada bank. 5. Servicing (pelayanan) Sesuai dengan fungsinya customer service, atas nama bank penerima dan menyambut baik kedatangan baik kedatangan nasabah selanjutnya akan mengerjakan kebutuhan nasabah. 6. Financial Advisor/Konsultan Dalam melayani nasabah tidak jarang pula aparat customer service dengan bekal pengetahuan dan wawasan yang bijak sehubungan dengan perencanaan pengelolaan keuangan nasabah. 7. Maintenance Customer (Pembinaan Nasabah) Permasalahan pembinaan nasabah baru. Seorang petugas customer servfice adalah account assistant atau pembina bagi setiap account atau rekening nasabah non kredit. 2 8. Penanganan Masalah Unit customer service apabila dalam operasionalnya, nasabah tidak puas, karena terdapat ketidakcocokkan atau kesepakatan, komplain dan lain-lain sebagainya. 3 2 Ibid,hlm.66 3 Ibid,hlm.67
Image of page 3
C. Tugas dan Tanggung Jawab Customer Service 1. Tugas Customer Service Jenis tugas Detail rincian tugas Pembukaan, Pemeliharaan, dan Penutupan Rekening Menerima permohonan pembukaan/pengkinian data nasabah/penutupan rekening, serta pemberian/pencabutan fasilitas Memeriksa kelengkapan dan kebenaran pengisian formulir. Mengadministrasikan data customer dan pembukaan rekening Menyerahkan bukti kepemilikkan rekening kartu yang terkait dengan rekening bilyet Deposito kepada nasabah. Menerima permintaan pembayaran bungan Deposito. Melakukan aktivasi PIN dari kartu yang terkait dengan rekening dan telah diserahterimakan dengan nasabah. Pelayanan informasi Memberikan penjelasan/informasi kepada nasabah mengenal: 1. Produk dan jasa bank. 2. Cara pengisian formulir-formulir transaksi bank.
Image of page 4
3. Kurs transaksi, tingkat suku bungan yang berlaku hari ini, serta biaya administrasi. “Cross Selling” produk dan jasa bank. Pelayanan keluhan Menerima keluhan nasabah mencatat/mengadministrasikan, meneruskan, dan memonitor ke unit kerja terkait, serta menginformasikan penyelesaian keluhan ke nasabah. Pekerjaan administratif Menyiapkan dan mengelola buku tabungan Memonitor persediaan brosur dan slip transaksi.
Image of page 5
Image of page 6

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 10 pages?

  • Fall '16

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture