Motif transaksi transaction motive keynes menerima

This preview shows 2 out of 5 pages.

Motif Transaksi (Transaction Motive) Keynes menerima pendapatan golongan Cambrigde yang menyatakan bahwa orang yang memegang uang untukmemenuhi dan mempelancarkan traksaksi seharihari yang mereka lakukan. Permintaan uang untuk kegiatan kegiatan transakasi dipengaruhi oleh tingkat pendapatan nasional. Kenyes sebenarnya tidak mengabaikan pengaruh suku bunga terhadap permintaan uang untuk traksasi, namun dia sendiri tidak menekan peranan suku bunga dalam analisinya. Permintaan uang berhubungan positif dengan tingkat pendapatan. Bila pendapatan meningkat, maka kebutuhan uang untuk transaksi juga meningkat. 2. Motif berjaga jaga Permintaan uang untuk berjaga jaga artinya orang memengang uang untuk tujuan melakukan pembayaran transaksi yang tidak regular atau diluar traksansi yang normal, misalnya untuk pembayaran dalam keadaan darurat, seperti sakit dan kecelakan. Dengan kata lain, inti dari tujuan berjaga jaga dari permintaan yang adalah ketidak pastian dimasa depan. Permintaan uang untuk berjaga jaga juga merupakan fungsi dari pendapatan nasional. Keynes juga tidak mengabaikan factor suku bunga sebagai yang memepengaruhi uang untuk berjaga jaga namun dia tidak menekan perananan suka bunga dalam analisisnya. Permintaan uang untuk berjaga jaga berhubungan positif. Artinya bahwa kalau pendapatan nasional nasional maka hubungannya dapat diekspersikan sebgai berikut:
Image of page 2

Subscribe to view the full document.

Md.t = f (Y) Dimana Md.t = permintaan uang untuk bertaksi dan berjaga jaga Y = pendapatan nasional Dengan syarat; ∂Mt ∂Y 0 Dimana k dan h adalah kepekan permintaan uang terhadap pendapatan nasional dan terhadap pendapatan nasional dan terhadap tingkat suku bunga dimana k dan h adalah bilangan positif. Gambar 3.1 adalah permintaan uang sebagai fungsi dari pendapatan nasional pada tingkat suku bunga tertentu yaitu permintaan uang traksaksi dan berjaga jaga. 3. Motif Spekulasi Tujuan megang uang adalah terutama untuk mendapatkan keuntungan yang dipeoleh karena si pemegang uang tersebut mampu meramalkan apa yang terjadi dengan benar. Keynes berpendapat bahwa pemilik kekayaan (asset Holders) dapat memilih memegang kekayaan dalam 2 bentuk yaitu uang tunai atau obligasi (bond). Obligasi dianggap memberikan penghasilan berupa sejumlah uang tertentu periode sedangkan uang tidak. Pemilik kekayaan akan teretentu setiap periode sedangkan uang tidak. Pemilik kekayaan akan memilih secara nalar untuk memengang uang juka harga obligasi diharapkan tidak normal lebih tinggi dari harga normalnya. Kalau suku bunga diharapkan turun maka orang berminat untuk memengang kekayaannya dalam bentuk obligasi dari pada uang. Karena obligasi dapat memberikan penghasilan tertentu selama periode dan dapat juga memberikan keuntungan capital (capital gains) sebgai akibat adanya kemungkinnya obligasi harga tersebut naik.
Image of page 3
Sebaliknya kalau diperikan atau diharapkan suku bunga naik maka pemilik kekayaan akan lebih terdorong untuk memengang uang daripada obligasi. Dengan demikian uang disini berlaku sebagai salah satu alternative penyimpan nilai atau kekayaan (store of value) dan mepunyai hubgan negative dengan suku bunga.
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

Image of page 5
You've reached the end of this preview.
  • Spring '18
  • kl

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern