Ini untuk setiap tujuan audit yang berhubungan dengan

This preview shows page 74 - 76 out of 154 pages.

ini untuk setiap tujuan audit yang berhubungan dengan transaksi bagi setiap kelas transaksi utama dalam masing-masing siklus transaksi. Selain itu auditor juga membuat penilaian pendahuluan atas
Image of page 74
LEARDO ARLES DOCUMENT 2014 75 pengendalian yang mempengaruhi tujuan audit untuk akun-akun neraca serta penyajian dan pengungkapan dalam setiap siklus. Banyak auditor yang menggunakan matriks risiko pengendalian (control risk matriks) untuk membantu proses penilaian risiko pengendalian. Tujuannya adalah menydiakan cara yang mudah untuk mengatur penilaian risiko penegndalian bagi setiap tujuan audit. 1. Mengidentifikasi tujuan audit Langkah Pertama dalam penilaian adalah mengidentifikasi tujuan audit untuk kelas transaksi, saldo akun, serta penyajian dan pengungkapan yang akan dinilai. Hal ini dilakukan kelas-kelas transaksi dengan menerapkan tujuan audit khusus yang burhubungan dengan transaksi. Contohnya auditor menilai secara terpisah tujuan kelengkapan. 2. Mengidentifikasi pengendalian yang ada Auditor menggunakan informasi, mengenai perolehan dan pendokumenatsian pemahaman atas pengendalian internal untuk mengidentifikasi pengendalian yang berperan dalam mencapai tujuan audit yang berhubungan dengan transaksi. Contohnya auditor dapat menggunakan pengetahuan tentang sistem klien untuk mengidentifikasi pengendalian yang mungkin akan mencegah kekeliruan atau kecurangan dalam tujuan audit keterjadian yang berhubungan dengan transaksi. Auditor harus mengidentifikasi dan hanya memasukkan pengendalian yang diperkirakan akan berdampak paling besar terhadap pencapaian tujuan audit yang berhubungan dengan transaksi. Pengendalian ini sering kali disebut dengan pengendalian kunci ( key control ). Alasan hanya memasukkan pengendalian kunci adalah bahwa pengendalian ini sudah mencukupi untuk mencapai tujuan audit yang berhubungan dengan transaksi. 3. Menghubungkan pengendalian dengan tujuan audit yang terkait Setiap pengendalian akan memenuhi satu atau lebih tujuan audit yang terkait. Bagian matrik digunakan untuk menunjukkan bagaimana setiap pengendalian berperan dalam mencapai satu atau lebih tujuan audit yang berhubungan dengan transaksi. Matriks risiko pengendalian yang serupa akan dilengkapi untuk tujuan audit yang berhubungan dengan saldo serta yang berhubungan dengan penyajian dan pengungkapan. 4. Mengidentifikasi dan mengevaluasi defisiensi pengendalian, defisiensi yang signifikan, dan kelemahan material Auditor harus mengevaluasi apakah pengendalian kunci tidak diterapkan dalam perancangan pengendalian internal atas pelaporan keuangan sebagai bagian dari mengevaluasi risiko pengendalian dan kemungkinan salah saji laporan keuangan. Standar auditing mendefinisikan tiga tingkat diterapkannya pengendalian internal: a. Defisiensi pengendalian. Defisiensi pengedalian (control deficiency) terjadi jika perancangan atau pelaksanaan pengendalain tidak memungkinkan karyawan perusahaan mencegah atau mendeteksi salah saji secara tepat waktu. Defisiensi perancangan terjadi jika pengendalian yang diperlukan
Image of page 75
Image of page 76

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 154 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes