26Peralatan Bawah Permukaan 3 Fasilitas Produksi Permukaan Production Surface

26peralatan bawah permukaan 3 fasilitas produksi

This preview shows page 27 - 31 out of 33 pages.

Gambar III.26.Peralatan Bawah Permukaan 3. Fasilitas Produksi Permukaan ( Production Surface Facilities ) a. Peralatan Transportasi Flowline Manifold Header b. Fasilitas Peralatan Pemisah Separator § Berdasarkan Bentuknya ( Horizontal, Vertical, Spherical ) § Berdasarkan Tekanan Kerjanya ( High, Medium, Low pressure ) § Berdasarkan Fasa Yang Dipisahkan ( Two, Three phase ) Oil Skimmer Gas Dehydrator Heater Treater Wash Tank c. Fasilitas Penampung Berdasarkan susunan ( primary tank, surge tank , dan emergency storage tank )
Image of page 27
Berdasarkan fungsi ( test tank dan tangki penimbun) Berdasarkan bahan pembentuk ( bolted-steel tank , welded-steel tank , wooden tank , dan plastic tank ) IV.4. ASPEK PENUNJANG LAINNYA Fasilitas penunjang suatu lapangan migas sangat diperlukan didalam operasi - operasi lapangan.Fasilitas ini mulai dari fasilitas pengeboran, fasilitas produksi, dan fasilitas-fasilitas lain, baik untuk operasi perawatan sumur, penyelesaian sumur, dan logging sumur. IV.5. ASPEK LINGKUNGAN Upaya-upaya untuk mencegah dampak negatif dari kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sudah mulai dilakukan sejak tahap perencanaan yakni dengan melakukan studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) untuk kegiatan yang berdampak penting, dan studi Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) untuk kegiatan yang tidak berdampak penting, serta Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP).
Image of page 28
BAB IV RENCANA TAHAPAN KERJA PRAKTEK IV.1 Jenis Kegiatan Adapun kegiatan yang ingin kami lakukan nantinya adalah mengetahui secara rinci tahapan operasi minyak dan gas bumi pada suatu lapangan minyak dan gas bumi khususnya di lapangan PT. Pertamina Hulu Energi Tuban East Java Field. IV.2 Lokasi Kegiatan Adapun fokus kegiatan yang hendak dilakukan adalah mencakup kegiatan–kegiatan yang ada di Departemen Pemboran, Departemen Reservoir, Departemen Produksi, Departemen Operasi dan bidang–bidang yang berhubungan dengan perminyakan yang ada di PT. Pertamina Hulu Energi Tuban East Java Field. IV.3 Waktu Pelaksanaan Kami berharap kerja praktek ini dapat berlangsung kurang lebih selama 1 bulan, dan diharapkan dapat dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2020. Kami selaku pemohon Kerja Praktek berharap pihak Manajemen dari PT. Pertamina Hulu Energi Tuban East Java Field agar dapat menerima permohonan ini. IV.4 Sarana Adapun dalam pelaksanaan kerja praktek ini kami mengharapkan adanya bantuan fasilitas berupa akomodasi dan transportasi. IV.5 Usulan Jadwal Rencana Kegiatan Kerja Praktek Orientasi umum (Sejarah perkembangan dan manajemen perusahaan secara umum). Orientasi khusus I (pemahaman konsep, proses analisis, dan penyajian data–data pada proses eksplorasi)
Image of page 29
Orientasi khusus II (pemahaman konsep, proses analisis, dan penyajian data– data pada operasi lapangan) Orientasi khusus III (pemahaman konsep, proses analisis, dan penyajian data– data pada proses produksi) Tujuan khusus (melakukan perhitungan cadangan, dengan cara seperti: metode volumetrik, material balance, dan penggunaan software) Pembuatan laporan dan tugas–tugas lainnya Presentasi di depan pembimbing lapangan dan team terkait.
Image of page 30
Image of page 31

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 33 pages?

  • Winter '14
  • ir. sugiatmo kasmungin

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes