Kondisi ini mengarahkan pada ketepatan pencatatan transaksi keuangan dengan uji

Kondisi ini mengarahkan pada ketepatan pencatatan

This preview shows page 29 - 31 out of 39 pages.

Kondisi ini mengarahkan pada ketepatan pencatatan transaksi keuangan dengan uji berikut: DEBET = KREDIT Arti formula di atas adalah bila jumlah debet sama dengan kredit maka transaksi telah dilakukan dengan tepat dan benar. Artinya, transaksi debet telah dicatat dengan benar pada sisi debet dan kredit pada sisi kredit. Aturan debet dan kredit dengan persamaan dasar akuntansi dapat dilihat pada Gambar 3.1 di bawah ini. 3. Keterbatasan Uji Debet dan Kredit Dengan transaksi y ang lebih rinci, satu rekening didebet dan satu rekening dikredit. Bila di uji jumlah debet = kredit. Ilustrasi ini memberikan pemahaman bahwa bila jumlah diuji maka debet = kredit maka berarti bahwa transaksi telah dibukukan dengan benar. Ada hal penting yang harus disadari tentang keterbatasan uji debet dan kredit. Keterbatasan uji debet dan bahwa uji ini tidak dapat menemukan kesalahan pembebanan pada rekening neraca atau rugi laba. Dengan kata lain, uji debet dan kredit ini tidak dapat digunakan untuk kesahihan dalam proses penjurnalan dan atau pembukuan pada buku besar. Uji debet dan kredit ini hanya uji matematis dan bersifat indikatif awal mengenai pembebanan transaksi. Sebagai ilustrasi, perhatikan transaksi berikut: Dibayar tunai biaya pemeliharaan pendingin ruangan sebesar Rp100.000. Transaksi di atas dibukukan pada jurnal sebagai berikut: 1) Debet: Biaya pemeliharaan peralatan Rp100.000 2) Kredit: Pada kas Rp100.000 Pembukuan di atas dilakukan dengan benar untuk transaksi yang terjadi. Namun, bila tersebut dibukukan pada rekening yang salah maka pembukuannya seperti di bawah ini: 201 9 29 Akuntansi Perhotelan Pusat Bahan Ajar dan eLearning Putri Dwi Wahyuni, SE.,M.Ak
Image of page 29

Subscribe to view the full document.

1) Debet: Biaya lembur pegawai Rp100.000 2) Kredit: Pada kas Rp100.000 Uji debet dan kredit tidak dapat menguji ketepatan pembukuan pada rekening-rekening yang seharusnya dibebankan untuk transaksi yang terjadi. Bila dilakukan uji debet dan kredit untuk transaksi di atas maka total debet = total kredit. Bila diuji ketepatan pencatatan pada rekening yang dipengaruhi karena transaksi yang terjadi maka rekening yang benar adalah biaya pemeliharaan dan kas. 4. Rekening-rekening Lawan ( CONTRA ACCOUNTS ) Di atas telah dibahas rekening-rekening neraca dan rugi laba yang lazim dan terdiri dari: 1) Aset (aktiva) 2) Utang 3) Modal 4) Pendapatan (penjualan) 5) Harga pokok dan biaya Beberapa rekening dikdasifikasikan di luar kelaziman di atas dan disebut rekening lawan ( contra accounts ) seperti: 1) Akumulasi depresiasi merupakan rekening lawan untuk aset. 2) Penyisihan piutang ragu-ragu merupakan rekening lawan untuk aset. 3) Penyesuaian merupakan rekening lawan untuk pendapatan. 4) Prive ( withdrawa l) merupakan rekening lawan untuk modal perusahaan pribadi. 5) Penarikan saham ( treasury stock ) merupakan rekening lawan untuk modal saham Perseroan Terbatas (PT).
Image of page 30
Image of page 31
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes