Dealer Toyota Asri Motor 2 Bagaimana penerapan pengendalian internal dalam

Dealer toyota asri motor 2 bagaimana penerapan

This preview shows page 7 - 9 out of 18 pages.

Bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi penjualan kredit pada PT. Dealer Toyota Asri Motor? 2. Bagaimana penerapan pengendalian internal dalam penjualan kredit pada PT. Dealer Toyota Asri Motor? 1.3 Metode Penelitian Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, dengan cara melakukan pengumpulan data dan informasi melalui obyek penelitian secara langsung melalui wawancara, dokumentasi perusahaan dan analisa data perusahaan. Dalam Jurnal Ekonomi Akuntansi Vol. 3. Issue. 3 (2017) 168 penyusunan skripsi ini tidak memerlukan teknik pengambilan sampel, karena data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif yaitu dengan cara membandingkan antara teori-teori akuntansi penjualan dengan prosedur penjualan kredit pada perusahaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, analisis dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap data yang diajukan perusahaan untuk diteliti. 1.4 Hasil Penelitian Berdasarkan hasil penelitian pada sistem akuntansi penjualan kredit Dealer Toyota Asri Motor , Dealer tersebut mempunyai kekurangan dalam menjalankan usahanya, maka dalam pembahasan ini akan diuraikan kelemahan yang terdapat pada Dealer Toyota Asri Motor. Kelemahan dan potensi penyimpangan yang terjadi pada sistem akuntansi penjualan kredit yang terjadi pada Dealer Toyota Asri Motor adalah: 1. Gudang tidak memiliki laporan muatan harian. Formulir yang digunakan berasal dari bagian penjualan yang berupa surat jalan. Sehingga jumlah dan
Image of page 7
jenis barang Jurnal Ekonomi Akuntansi Vol. 3. Issue. 3 (2017) 174 yang dimuat oleh bagian pengiriman tidak bisa dipertanggungjawabkan dan tidak akurat. 2. Tidak ada fungsi penagihan dan fungsi Accounting, penagihan dan accounting dilakukan oleh bagian adminitrasi, hal ini menyebabkan proses penagihan menjadi terhambat sehingga banyak tagihan yang belum terbayarkan. Dengan melihat kelemahan yang ada pada sistem akuntansi penjualan kredit, maka peneliti dapat memberikan beberapa usulan rekomendasi untuk perbaikan sistem penjualan kredit pada Dealer Toyota Asri Motor 1. Gudang tidak memiliki laporan muatan harian. Formulir yang digunakan berasal dari bagian penjualan yang berupa surat jalan. Sehingga jumlah dan jenis barang yang dimuat oleh bagian pengiriman tidak bisa dipertanggungjawabkan dan tidak akurat. Sehingga solusinya adalah bagian gudang membuat Laporan Muatan Harian yang harus ditandatangani oleh bagian pengiriman sebagai tanda realisasi keluarnya barang kebagian pengiriman. 2. Tidak ada fungsi penagihan dan fungsi Accounting, penagihan dan accounting dilakukan oleh bagian adminitrasi, hal ini menyebabkan proses penagihan menjadi terhambat sehingga banyak tagihan yang belum terbayarkan. Sehingga solusinya adalah menambah sumber daya manusia dibagian penagihan dan accounting agar proses penagihan dapat berjalan baik, sehingga pembayaran dari pelanggan bisa tepat waktu dan tidak ada piutang yang tidak tertagih.
Image of page 8
Image of page 9

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 18 pages?

  • Spring '16
  • -

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes