1 Konsumen Pasar Induk Pembeli di pasar ini terdiri atas pedagang dipasar lain

1 konsumen pasar induk pembeli di pasar ini terdiri

This preview shows page 4 - 7 out of 50 pages.

1. Konsumen Pasar Induk Pembeli di pasar ini terdiri atas pedagang dipasar lain, restoran, catering, pedagang kelilig, termasuk juga pembeli dari rumah tangga. Pembeli di pasar induk dapat di bagi ke dalam dua tipe berdasarkan jumlah pembelinya, yaitu pembelian grosiran (besar) dan pembeli eceran (kecil). Pembeli besar biasanya adalah pedagang pengecer di pasar-pasar tradisional. Mereka membeli dalam jumlah besar dan kentang sudah di kemas dalam karung ukuran tertentu. Alasan membeli tentu saja adalah untuk dijual lagi. Pembeli eceran biasanya EKONOMI MIKRO Page 4
Image of page 4
adalah restoran, catering, dan rumah tangga.. Alasan pembeliannya adalah untuk dibuat makanan seperti perkedel, sop, kering, dan sambel goreng. Kebutuhan pembeli pasar induk yang ditemui dalam survei bervariasi mulai dari 1 kg sampai 180 kg per pembelian. Sementara frekuensi pembeliannya tidak menentu ada yang sehari sekali atau sekali seminggu. Mereka umumnya mengatakan tidak ada variasi kebutuhan. Bulan-bulan besar seperti puasa dan lebaran diakui adanya peningkatan kebutuhan. Beberapa pembeli menjawab membeli banyak jika ada pesanan banyak (pedagang makanan). Atribut penting yang diperhatikan ketiks membeli kentang adalah ukurannya yang besar, (ada pula yang secara eksplisit menyebut ukuran A atau B), kuning, tidak mudah busuk, dan bentuk bulat. Alsan mengapa menyukai atribut tersebut adalah lebih gurih/pule/enak, tidak lembek kalau dimasak, dan gampang dikupas sedangkan bagi pedagang alasan utama adalah laku dijual. Umumnya pembeli ini selalu puas, bebrapa mengungkapkan kadang- kadang puas. Keluhan yang sering timbul adalah enak baunya, tidak enak rasanya, ada goresan hitam di dalamnya (black spot), antara luar dan dalam tidak sama. Harga beli mereka bervariasi antara 3.100 sampai 5.000 tergantung lokasi pasar dan kualitasnya. Tanggapan atas harga beli umunya adalah biasa saja atau normal. Sedikit yang menjawab harga tinggi atau terlalu tinggi. Kenaikan harga sedikit ditanggapi dengan jawaban yang sangat bervariasi tetapi yang terbanyak adalah tetap beli, sedikit yang menjawab tidak beli dan cari pengganti yaitu tahu /tempe (jawaban pembeli rumah tangga yang menempatkan kentang sebagai lauk pauk). Akana tetapi jika harga naik tinggi sekali umumnya mereka tidak beli, bebrapa menjawab tetap beli, atau mencari pengganti. Harga maksimal yang membuat mereka tidak membeli tidak sulit ditentukan. Responden umumnya menjawab sulit/tidak tahu/tergantung keperluan. Pembeli pasar umumnya tidak tertarik untuk membeli banyak dengan adanya perubahan atribut bagus mutunya, kemasannya, ada informasi gizi, ada resep. Beberapa pembeli meresponi akan membeli banyak dengan harganya murah dengan alasan untuk disimpan/persediaan. Umumnya mereka adalah pedagang atau pengolah. EKONOMI MIKRO Page 5
Image of page 5
Untuk kentang lonjong respon mereka umumnya menolak, meskipun ada sedikit yang akan membeli banyak kalau harganya lebih murah. Alasannya adalah kurang suka, kurang banyak kalau dimasak, atau sulit diprosesnya. Ada juga pembeli yang menganggap sama saja tidak terpengaruh bentuk. Kentang merah umumnya tidak diterima pada harga yang lebih murah sekalipun.
Image of page 6
Image of page 7

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 50 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors