Statistika merupakan perangkat teknik mengumpulkan

  • No School
  • AA 1
  • 14

This preview shows page 3 - 5 out of 14 pages.

Statistika merupakan perangkat teknik mengumpulkan, mengorganisasi, menganalisis, dan menginterpretasi data angka. Hal ini dipertegas oleh Dekhoff (1992:4) yang menyatakan ‘statistics are means of organized, condensed,and analyzed numerical data in ways that find order in chaos’. B. Data Statistik Data adalah bentuk jamak dari datum, yang artinya kumpulan angka, fakta, fenomena atau keadaan lainnya, merupakan hasil pengamatan, pengukuran, atau pencacahan terhadap objek, yang berfungsi dapat membedakan objek yang satu dengan lainnya pada variabel yang sama. Statistika berhubungan dengan pengolahan data atau yang menjadi input dalam proses statistika adalah data. Data merupakan kumpulan angka, fakta, fenomena, peristiwa, dan keadaan dari hasil pengamatan, pengukuran, atau pencacahan terhadap variabel suatu objek, yang berfungsi membedakan objek yang satu dengan lainnya pada variabel yang sama. Data memiliki berbagai wujud seperti angka tinggi badan, angka penjualan, jumlah produksi, dan jumlah mahasiswa. Sedangkan informasi merupakan kumpulan data yang lebih berarti atau bermakna setelah melalui suatu proses pengolahan. Pengetahuan adalah memilih dan mengorganisasikan informasi yang menyediakan pengertian, rekomendasi, dan dasar
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

keputusan. Data dapat juga diartikan sebagai keterangan atau ilustrasi mengenai sesuatu hal. Keterangan atau ilustrasi tersebut dapat berupa kategori, misalnya rusak, baik, senang, puas, berhasil, gagal, setuju, sering, dan jarang, atau bisa berbentuk bilangan. Kesemuanya itu dinamakan data atau lengkapnya data statistik (Sudjana, 2002). Data yang berbentuk bilangan disebut data kuantitatif. Dari nilainya, data ini terbagi menjadi dua yaitu data diskrit dan data kontinum. Perhitungan terhadap sesuatu variabel akan menghasilkan data diskrit. Sedangkan pengukuran terhadap variabel akan menghasilkan data kontinum. Data diskrit (kategorik/nominal) adalah gejala yang hanya dapat dibagi (dikelompokkan) menurut jenisnya. Angka yang dilekatkan pada variabel diskrit adalah angka kuantitatif yang dihasilkan dari penghitungan (penjumlahan). Angka yang mewakili kuantitas disebut frekuenśi atau jumlah, diberi simbol f atau N. Data diskrit adalah data yang diperoleh dari hasil membilang atau menghitung, misalnya jumlah akseptor Keluarga Berencana (KB) dalam suatu kelurahan; jumlah anak usia 6 sampai dengan 12 tahun yang tidak dapat masuk sekolah; jumlah penerima Beasiswa Bantuan Mahasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan; jenis kelamin; dan jenis pekerjaan. Data diskrit contohnya: pria berjumlah 10 orang, wanita berijumlah 20 orang. Data diskrit juga disebut data nominal. Data kontinum adalah data yang hanya dapat dibagi (dikelompokkan) menurut tingkatan besar kecilnya. Data kontinum adalah data yang diperoleh melalui pengukuran. Data kontinum dapat dikelompokkan menjadi tiga, vaitu data ordinal, interval, dan rasio.
Image of page 4
Image of page 5
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes