Tinggi badan merupakan determinan penting dalam beberapa parameter klinis yang

Tinggi badan merupakan determinan penting dalam

This preview shows page 2 - 4 out of 7 pages.

Tinggi badan merupakan determinan penting dalam beberapa parameter klinis yang berhubungan dengan perawatan pasien, dimana sebagian besar membutuhkan data berat badan dan tinggi badan.Sebagai contoh, dalam asesmen gizi, tinggi badan dibutuhkan untuk menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT), kebutuh- an energi, dan indeks kreatinin berdasarkan tinggi badan. Selain itu, tinggi badan juga diperlukan untuk menentukan luas permukaan tubuh yang kemudian digunakan untuk penentuan dosis obat dan menghitung klirens ginjal. Tinggi badan pun di- butuhkan untuk mengestimasi kom- posisi tubuh, seperti massa lemak bebas dan memprediksi volume jantung (Ngoh, Sakinah and Harsa, 2012). Idealnya, tinggi badan diukur dengan cara berdiri tegak mengguna- kan alat seperti microtoise . Namun, ada beberapa kondisi yang me- nyebabkan pengukuran tinggi badan dengan cara tersebut tidak dapat dilakukan. Kondisi tersebut adalah individu yang tidak dapat berdiri tegak dan memiki kelainan anatomi, seperti pasien yang tak bisa mobili- sasi, pasien amputasi dan pasien yang mengalami paralisis. Pengukuran tinggi badan dengan cara berdiri tegak juga sulit dilakukan pada lansia. Pengukuran tinggi badan dengan cara berdiri tegak sulit dilakukan pada lansia karena adanya nyeri, lemah dan deformitas tulang belakang, seperti kifosis dan osteo- porosis sehingga lansia tidak dapat berdiri dengan tegak dan stabil untuk dilakukan pengukuran tinggi badan. Melihat adanya kondisi tersebut membuat pengukuran tinggi badan dengan berdiri tegak menjadi tidak reliabel untuk dilakukan (Chumpathat, Rangsin, Chang- bumrung, Soonthorn, Durongritichai and Kwanbunjan, 2016; Berg, Dannhauser and Nel, 2010; Hirani and Mindell, 2008). Alternatif pengukuran tinggi badan yang paling banyak dilakukan salah satunya adalah mengukur tinggi lutut, yang kemudian dikonversi menjadi tinggi badan dengan meng- gunakan formula tertentu, seperti chumlea . Salah satu alasan pe- ngukuran tinggi lutut dilakukan adalah karena panjang tulang pada tungkai bagian bawah tidak berubah seiring bertambahnya usia, tidak seperti tinggi tulang belakang. Tinggi lutut dapat diukur dengan meng- gunakan alat yang disebut knee height calliper (Melo, Salles, Vieria and Ferreira, 2014; Kuiti and Bose, 2016; Hirani and Mindell, 2008). Suatu alat ukur yang reliabel merupakan syarat untuk mendapatkan data hasil peng- ukuran yang reliabel pula sehingga dapat dipercaya kebenarannya. Triya Ulva Kusuma, Ali Rosidi, Reliabilitas Kaliper Tinggi Lutut dalam Penentuan .....
Image of page 2

Subscribe to view the full document.

Journal of Health Studies, Vol. 2, No. 1 Maret 2018, 98 Dalam rangka untuk memastikan apakah pengukuran tinggi lutut dapat memberikan data yang sama jika diukur beberapa kali dalam waktu yang berbeda, maka perlu dilakukan uji reliabilitas pada knee height calliper untuk pengukuran tinggi lutut yang selanjutnya digunakan untuk menentukan tinggi badan.
Image of page 3
Image of page 4
  • Summer '19
  • Andreas

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes