8 faktor paling penting yang memiliki daya

  • No School
  • AA 1
  • 44

This preview shows page 17 - 20 out of 44 pages.

8 Faktor paling penting yang memiliki daya mengintegrasikan suatu sistem sosial adalah konsensus di antara para anggota masyarakat mengenai nilai-nilai kemasyarakatan tertentu. Di dalam setiap masyarakat selalu terdapat tujuan- tujuan dan prinsip-prinsip dasar tertentu terhadap sebagian besar anggota masyarakat yang menganggap serta menerimanya sebagai suatu hal yang 6 Soerjono Soekanto, Op Cit., hlm. 58-60. 7 Elly M. Setiadi & Usman Kolip, Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya . (Jakarta: Kencana, 2011), hlm. 74. 8 DR. Nasikun, Sistem Sosial Indonesia , (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007), hlm. 15.
Image of page 17
4 mutlak. Dengan demikian, ketika seseorang atau anggota masyarakat tidak bisa menerima dan diterima dalam perubahan sosial tersebut, maka orang dan anggota masyarakat ini akan menjadi tidak mampu berinteraksi sosial. Artinya ia akan terasing, meski dirinya hidup dan berada dalam lingkungan masyarakat tersebut. Ada berbagai penyebab ketidakmampun seseorang untuk berinteraksi sosial, misalnya saja karena pengaruh budaya dan suku bangsa, dan berkaitan dengan permasalahan yang dibahas dalam penulisan ini, ketidakmampun itu karena adanya cacat atau kemunduran fungsi indra kita. Menurut Soerjono Soekanto, dari beberapa hasil penyelidikan, ternyata bahwa kepribadian orang-orang akan mengalami banyak penderitaan sebagai akibat kehidupan terasing karena cacat indra atau kemunduran fungsi indra. Tidak bisa tidak, karena umur, cacat indra atau kemunduran fungsi indra, sudah pasti akan menggerogoti semua orang yang berusia lanjut. 9 Memang tidak ada batasan yang jelas tentang usia berapakah seseorang bisa dikelompokkan sebagai lansia. Tiap-tiap negara, bahkan antar sosiolog pun memiliki kriteria batasan usia yang berbeda-beda dan bisa jadi terus mengalami perkembangan seiring dengan semakin meningginya batas usia hidup manusia. Salah satu indikator yang seringkali digunakan sebagai kriteria adalah menurunnya kemampuan fisik seseorang, 9 Soerjono Soekanto, Op Cit ., hlm. 63.
Image of page 18
5 sehingga dipandang tidak lagi produktif dalam kehidupan, atau dengan kata lain, telah memasuki usia pensiun. Sejalan dengan semakin meningkatnya harapan hidup manusia, akhirnya juga menyebabkan perubahan pandangan terhadap batas umur seseorang bisa dikelompokkan menjadi lansia. Undang-Undang No. 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, menyebutkan bahwa lanjut usia adalah laki-laki atau perempuan yang berusia 60 tahun keatas. Sementara di negara industri maju, seseorang dianggap memasuki usia tua manakala telah berumur 65 tahun. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menilai usia 60 tahun adalah awal peralihan menuju ke arah segmen penduduk tua. Beda halnya di Jepang para pekerja perempuan umumnya berusia di atas 60 tahun dan banyak orang Jepang yang memasuki kesuksesan pada usia 60 tahun. Itu sebabnya, tidaklah heran bila ada pameo di Jepang yang menyebutkan “ life begin at 60” . Berdasarkan data yang dikeluarkan BPS 1997 tentang kependudukan, lansia tahun 1971 berjumlah
Image of page 19
Image of page 20

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 44 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors