Sedangkan menurut sifatnya maka penelitian ini adalah dikategorikan sebagai

Sedangkan menurut sifatnya maka penelitian ini adalah

This preview shows page 4 - 6 out of 19 pages.

Sedangkan menurut sifatnya, maka penelitian ini adalah dikategorikan sebagai penelitian yang bersifat deskriptif di mana penulis bermaksud mendeskripsikan secara sistematis. Soejono Soekanto (1984 : 10) mengemukakan suatu penelitian deskriptif yaitu penelitian yang memberikan data seteliti mungkin tentang manusia, keadaan dan gejala-gejala lainnya. Maksudnya adalah terutama untuk mempertegas hipotesa-hipotesa, agar dapat membantu di dalam memperkuat teori-teori lama, atau di dalam kerangka menyusun teori-teori baru. Apabila pengetahuan tentang sesuatu masalah sudah cukup, maka sebaiknya dilakukan penelitian eksplanatoris (Thamrin S, 1996; 10-11) yang terutama dimaksudkan untuk menguji hipotesa-hipotesa tertentu. Jenis dan Sumber Data Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini, terutama didasarkan atas data sekunder yang penulis dapatkan melalui literatur-literatur dan buku-buku lainnya yang dapat Jurnal Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, Vol. 1, No. 1, 2011 83
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

dijadikan sebagai pedoman untuk mengembangkan penelitian ini. Secara lebih jelasnya, maka sumber data tersebut dikategorikan sebagai berikut : a. Bahan Hukum Primer Adalah : merupakan data pokok yang dijadikan sebagai dasar dari penulisan ini. ( Al-Qur’an, As-Sunnah, Ijma Sahabat, Qiyas ). b. Bahan Hukum Sekunder Berupa data-data yang penulis peroleh dari buku-buku dan literatur-literatur penunjang, melalui studi kepustakaan serta data-data lainnya yang ada hubungannya dengan judul penelitian yang akan penulis teliti, yang kesemuanya itu turut mendukung bahan primer dalam penelitian ini, khususnya dalam masalah Khilafah Islamiyah. c. Bahan Hukum Tersier Merupakan data yang diperoleh dari pengumpulan bahan-bahan yang ada kaitannya dengan Khilafah Islamiyah dan Sistem Pemerintahan Islam dengan melakukan penemuan data dan fakta melalui media internet, media massa, buletin, majalah dan makalah-makalah seminar yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Analisa Data dan Penarikan Kesimpulan Secara eksplisit penulis menggunakan analisa data dalam penelitian yang bersifat normatif ini yaitu dengan cara di mana data yang telah penulis peroleh dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, berupa buku-buku atau literatur-literatur melalui penelusuran kepustakaan serta bahan hukum tersier dan bahan-bahan yang penulis peroleh dari internet, media massa, majalah, buletin, makalah-makalah seminar yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Kemudian data tersebut dirangkum dengan melakukan pengelompokkan yang didasarkan atas jenis dari masing-masing bahan tersebut dengan maksud agar dapat memberikan kemudahan bagi penulis dalam menulis penelitian ini yang tersusun secara rapi, selanjutnya barulah disajikan dalam bentuk kalimat-kalimat yang tersusun secara sistematis. Tahapan berikutnya, dari kalimat demi kalimat yang telah tersusun secara sistematis tersebut, penulis akan melakukan proses pengolahan data, penganalisaan data dan membahasnya serta melakukan perbandingan antara teori-teori, pendapat-pendapat para ahli serta membandingkan
Image of page 5
Image of page 6
  • Spring '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes