Pengertian penerbitan umum atau khusus adalah sebagai berikut 1 Penerbitan umum

Pengertian penerbitan umum atau khusus adalah sebagai

This preview shows page 12 - 14 out of 15 pages.

Pengertian penerbitan umum atau khusus adalah sebagai berikut 1. Penerbitan umum yaitu pemuatan pengumuman pada penerbitan surat kabar atau majalah atau media massa cetak yang lazim lainnya yang berskala nasional atau 2. Penerbitan khusus yaitu pemuatan pengumuman pada: 12
Image of page 12
a. Penerbitan Himpunan Bank-Bank Milik Negara (HIMBARA)/Perhimpunan Bank- Bank Umum Nasional (PERBANAS): b. Penerbitan atau pengumuman khusus Bank Indonesia, dan/atau c. Penerbitan yang dikeluarkan oleh asosiasi yang telah terdaftar sebagai Wajib Pajak dan pihak kreditur sebagai anggotanya. Piutang yang nyata tidak dapat ditagih yang timbul di bidang usaha bank, lembaga pembiyaan industri, dagang dan jasa lainnya dapat dibebankan sebagai beban (biaya) dalam menghitung penghasilan kena pajak. Untuk piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagih tidak termasuk piutang yang berasal dari transaksi bisnis dengan pihak pihak yang memiliki hubungan istimewa. Seperti yang telah dijelaskan bahwa pembebananya sebagai pengurangan penghasilan pengurangan brto harus terpenuhi syarat sebagai tercantum dalam pasal 6 ayat (1) “h” undang- undang pajak penghasilan , tetapi syarat tercantum dalam pasal 6 ayat (1) huruf “h” angka “3” undang-undang pajak penghasilan tidak berlaku untuk piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagih kepada debitur kecil atau debitur kecul lainnya. Piutang debitur kecil dimaksud yaitu yang jumlahnya tidak melebihi Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah), yang merupakan gunggungan jumlah piutang dari bebrapa kredit yang telah diberikan oleh suatu institusi bank atau lembaga pembiayaan dalam negeri sebagai akibat adanya pemberian: 1) Kredit usaha keluaraga prasejarah (kukersa), yaitu kredit lunak untuk usaha ekonomi produktif yang diberikan kepada keluara prasejarah dan keluara sejarah 1 yang telah menjadi peserta takesra tergabung dalam kegitan kelompok Prokesra,OPPKS; 2) Kredit usaha tani (KUT), yaitu kredit modal kerja yang diberikan bank kepada koperasi primer baik sebgai pelaksana (executiv) atau kepada lembaga swadaya masyarakat (LSM) sebagai pelaksana pemberi kredit, untuk keperluan petani yang tergabung dalam kelompok tani guna membiayai usaha taninya dalam rangka intensifikasi padi, palawija, dan holtikultura; 3) Kredit pemilikan rumah sangat sederhana (KPRSS), yaitu kredit yang diberikan oleh bank kepada masyarakat untuk pemilihan rumah sangat sederhana (RSS); 4) Kredit usaha kecil (KUK), yaitu kredit yang diberikan kepada nasabah usaha kecil; 5) Kredit usaha rakyat (KUR) yaitu kredit yang diberikan untuk keperluan modal usaha kecil lainnya selain KUK; dan/atau 6) Kredit kecil lainnya dalam rangka kebijakan perkreditan bank indonesia dalam mengembangkan usaha kecil dan koperasi; Balasan untuk debitur keci lainnya yaitu diukur dengan jumlah yang tidak melebihi Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah). Dengan tetap mendasarkan ketentuan undang-undang pajak penghasilan, bila terjadi piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagih dibayar seluruhnya atau dibayar sebagai oleh debitur, jumlah piutang yang dibayar seluruhnya atau dibayar sebagai merupakan penghasilan bagi kreditur pada tahun pajak diterimanya pembayaran.
Image of page 13
Image of page 14

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 15 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes