Nya sehingga arah aliran tidak terpengaruh

This preview shows page 21 - 24 out of 49 pages.

nya, sehingga arah aliran tidak terpengaruh pengangkatan daerah sekitarnya b. Sungai Superimposed, sungai yang terbentuk pada permukaan baru akibat adanya erosi vertikal sampai ke lapisan bawah. Pembentukan dipengaruhi perbedaan struktur dan jenis batuan. 5. Berdasarkan Pola Alirannya , dibedakan menjadi 7 : a. Pola Aliran Radial(menjari) Sentrifuga l merupakan pola aliran yang menyebar / menjari dari suatu puncak. Pola ini terdapat pada daerah berbentu k kerucut / gunung b. Pola Aliran Radial (menjari) Sentripetal merupakan pola aliran yang arahnya mengumpul menuju suatu pusat. Pola danau seperti ini terdapat pada daerah yang berbentuk cekung / basin c. Pola Aliran Denditrik merupakan pola aliran yang tidak teratur berkembang pada daerah yang relatif datar seperti dataran banjir, delta, plato serta pada daerah yang materialnya mudah tererosi d. Pola Aliran Rectanguler merupakan pola aliran berupa pertemuan antar obs sub aliran yang membentuk sudut siku kons siku / hampir siku. Pola ini berkembang pada daerah yang banyak retakan (joint) dan patahan (fault) e. Pola Aliran Trelis merupakan pola aliran yang berbentuk seperti sirip ikan / sirip daun. Berkembang pada daerah pegu- nungan lipatan dan daerah patahan / rekahan
f.. Pola Aliran Anular merupakan pola aliran yang berkembang dari pola aliran sentri- fugal yang mengalir menuju ke S. Sub- sekuen dan kmd sejajar dengan obsekuen dan resekuen. Berkembang di daerah dome / berbentuk kubah g. Pola Aliran Paralel merupakan pola aliran yang membentuk sudut lancip. Pola ini berkembang pada daerah yang Mempunyai kemiringan lereng agak curam hingga curam * Lembah sungai : dibedakan menjadi 3 jenis : Bagian Keadaan a. Lembah sungai bagian hulu b. Lembah sungai bagian tengah c. Lembah sungai bagian hilir 1. aliran - deras - sedang - lambat 2. lembah - bentuk v - bentuk - bentuk 3. erosi - tinggi - sedang - hampir tidak ada 4. endapan/ meander - tidak/belum terjadi - mulai ada endapan / meander - endapan banyak 5. fenome- na alam - terdapat air terjun - banyak terjadi percabangan sungai - terbentuk delta / * Manfaat Sungai : 1. sumber air rumah tangga baik langsung maupua lewat PAM 2. irigassi 3. perikanan 4. transportasi 5. rekreasi 6. sumber bahan bangunan 7. sumber tenaga untuk PLTA 8. tempat berolahraga * Usaha-usaha pelestarian sungai, agar tetap bermanfaat bagi manusia : 1. Menjaga kelestarian hutan di daerah sungai bagian hulu 2. Membatasi pengambilan bahan galian golongan C yang berasal dari sungai seperti : batu, pasir dan kerikil 3. Tidak boleh membuang limbah beracun ke sungai, baik yang berasal dari pabrik maupun domestik 4. Meningkatkan program kali bersih ( prokasih )di sekitar daerah aliran sungai c. Daerah Aliran Sungai ( DAS ) * DAS adalah bagian dari permukaan bumi yang airnya mengalir ke dalam sungai induk apabila terjadi hujan atau DAS adalah bagian dari permukaan bumi yang dibatasi oleh punggungan yang biasanya berupa pegunungan / perbukitan * Fungsi DAS adalah :
1. sebagai penerima serta penyimpan air hujan, kemudian air hujan tersebut mengalir kembali melalui sistem sungai 2. merupakan daerah irigasi pertanian yang mapan 3.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture