Pada model deterministik yang pasti adalah biaya pengadaaan bahan makanan

Pada model deterministik yang pasti adalah biaya

This preview shows page 3 - 5 out of 13 pages.

Pada model deterministik, yang pasti adalah biaya pengadaaan bahan makanan, jumlah yang diperlukan atau penjualan dalam kurun waktu tertentu, biaya-biaya yang berhubungan dengan pengadaan persediaan bahan makanan (disebut carrying cost atau holding cost ) dan harga per unit bahan makanan yang dibutuhkan. Adapaun pada model probabilistik, segala sesuatu yang berhubungan dengan pengadaan bahan makanan ditentukan dengan kemungkinan-kemungkinan. Artinya, permintaan pelanggan ( demand ) akan makanan tertentu dan tingkat penggunaan bahan makanan tidak pasti, ditentukan dengan pendekatan estimasi. Jumlah persediaan bahan makanan segar dan groceries harus dikendalikan agar didapat jumlah persediaan yang paling ekonomis. Metode deterministik yang lazim digunakan adalah Economic Order Quantity (EOQ) dan Econoic Production Lot Size (EZPLZ). Pada modul ini hanya dibahas model EOQ yang diterjemahkan dengan Jumlah Pesanan Ekonomis (JPE) Tujuan pengendalian jumlah pembelian adalah agar hotel memiliki jumlah persediaan bahan makanan dengan biaya penyimpanan terkendali dan mutu bahan makanan tetap baik selama disimpan di gudang bahan makanan. Jumlah Pesanan Ekonomis ( Economical Order Quantity ) Economical Order Quantity (EOQ) merupakan jumlah pembelian persediaan yang diperoleh dengan biaya yang hemat, atau dapat juga dikatakan sebagai jumlah pembelian yang optimal. Dalam pembelian dapat saja pembelian yang tidak menghemat biaya dikarena adanya biaya - biaya yang timbul akibat pembelian misalnya, biaya pengiriman. Pembelian dalam jumlah sedikit dan berulang- ulang dapat menyebabkan timbulnya biaya yang cukup besar, sehingga akan mempengaruhi harga persediaan. Selain itu biaya pengiriman dan penyimpanan perlu diperhitungkan, apalagi diperlukan biaya sewa gudang Dalam rumus EOQ diatas F : biaya tetap yang terjadi untuk memesan bahan makanan dimaksud 201 9 3 Akuntansi Perhotelan Pusat Bahan Ajar dan eLearning Putri Dwi Wahyuni, SE.,M.Ak
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

S : penjualan atau penggunaan dalam unit per tahun C : Carrying cost , biaya yang terjadi untuk jangka waktu setahun seperti asuransi, biaya bunga, biaya penyimpanan, dinyatakan dalam persentase atas nilai persediaan bahan makanan P : harga pembelian per unit Pada rumus EOQ diatas, biaya-biaya yang terjadi untuk memiliki persediaan bahan makanan sebagai berikut: 1. Biaya tetap (F) yang terjadi untuk memesan bahan makanan. Biaya ini mencakup biaya administrasi seperti melengkapi formulir yang digunakan, biaya komunikasi, biaya pemeriksaan mutu bahan makanan, biaya pengiriman dan biaya lainnya yang berhubungan dengan pemesanan bahan makanan. Biaya tetap pemesanan sangat dipengaruhi oleh frekuensi pemesanan. Artinya, makin tinggi frekuensi pemesanan bahan makanan, makin tinggi pula biaya pemesanan yang terjadi (untuk biaya administrasi, telepon dan pengiriman). Misal biaya yang terjadi untuk setiap pemesanan daging ayam segar untuk telepon, formulir dan pengiriman Rp 10.050 2. Penjualan atau penggunaan dalam unit per tahun (S). penggunaan dalam unit per tahun merupakan jumlah bahan makanan yang diperlukan oleh hotel. Misalnya, hotel
Image of page 4
Image of page 5
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes