Kelima milikilah prinsip prinsip kejujuran motivasi yang kuat dan benar teguh

Kelima milikilah prinsip prinsip kejujuran motivasi

This preview shows page 165 - 167 out of 185 pages.

Kelima, milikilah prinsip-prinsip kejujuran, motivasi yang kuat dan benar, teguh dalam kebenaran, menguasai tata bahasa yang baik dan benar, menguasai dasar-dasar keilmuan yang relevan secara memadai, susunlah logika penulisan dengan struktur yang baik, sederhana dalam berfikir dan mengungkapkan ide-ide. Gunakan bahasa yang lugas dan sederhana, hindari gejolak perasaan yang berlebihan, dan hindari penggunaan metafora, hiperbola, ironi, dan gaya bahasa sejenis. Dalam menulis sebuah karya ilmiah dibutuhkan sebuah keaktifan untuk berlatih menuangkan gagasan. Lakukanlah hal itu setiap hari, meskipun sedikit. Kemauan yang sangat besar untuk menuliskan gagasan-gagasan yang ditemukan, akan sangat besar peranannya dalam membangun kemampuan menulis karya ilmiah. Tulislah karya ilmiah sedikit demi sedikit, sambil terus mencari gagasan-gagasan baru yang siap dituangkan ke dalam tulisan. Jangan berhenti jika inspirasi telah terkumpul dan siap untuk ditulis. Jika inspirasi, gagasan atau ide telah habis dan tidak ada lagi yang dapat ditulis, maka berhentilah menulis. Gunakan waktu untuk menambah sumber-sumber inspirasi melalui membaca buku, mengamati fenomena alam, bersantai menikmati olah raga, dan hal-hal semacam itu. Sambil berjalan, akan timbul gagasan-gagasan baru. Kita mungkin perlu mencatatnya agar tidak lupa
Image of page 165
` Keterampilan Berbahasa Indonesia , Modul 7 | Uraian Materi Pembelajaran 154 Modul 7 ketika gagasan itu akan ditulis. Latihan-latihan intensif dan praktik perlu terus dilakukan agar terbentuk kelihaian dalam menulis. 4.3 Langkah-langkah Penulisan Karya Ilmiah Setelah langkah persiapan dilakukan, langkah pertama yang harus dilakukan seorang penulis karya ilmiah adalah memilih topik dan merumuskan judul tulisan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pada saat menentukan topik untuk karya ilmiah. Penulisan karya ilmiah harus mengikuti kaidah kebenaran isi, metode kajian, serta tata cara keilmuan. Salah satu cara untuk memenuhi kaidah tersebut adalah dengan melakukan pemilihan topik yang jelas dan spesifik. Setelah topik ditetapkan, batasi topik itu pada yang penting-penting saja. Jangan terlalu luas, jangan pula terlalu sempit. Pembatasan topik tersebut akan mengarahkan penulis pada perumusan judul. Judul yang dibuat hendaknya merepresentasikan isi tulisan secara keseluruhan. Pada dasarnya, judul merupakan simpulan dari isi tulisan. Karena itu, judul hendaknya tidak terlalu panjang, singkat dan padat. Judul yang terlalu panjang akan membingungkan pembacanya. Judul yang terlalu pendek kadang tidak mewakili isi tulisan secara keseluruhan. Langkah kedua adalah merumuskan masalah. Rumusan masalah yang jelas dan tepat menjadi sangat penting untuk dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang terfokus pembahasannya. Teknik yang dapat dilakukan untuk merumuskan masalah diantaranya: (1) usahakan merumuskan masalah dalam satu kalimat yang sederhana, (2) ajukan pertanyaan dengan menggunakan kalimat tanya yang operasional (mudah dilaksanakan), (3) jika kita dapat menjawab dengan pasti pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan, berarti rumusan masalah yang kita buat sudah cukup jelas dan tepat, (4) yang buatlah rumusan masalah secara kronologis berdasarkan alasan dan latar
Image of page 166
Image of page 167

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 185 pages?

  • Fall '19
  • indri

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors