utamanya adalah memenuhi kebutuhan hidup lansia yang kurang mampu di Kabupaten

Utamanya adalah memenuhi kebutuhan hidup lansia yang

This preview shows page 88 - 91 out of 113 pages.

utamanya adalah memenuhi kebutuhan hidup lansia yang kurang mampu di Kabupaten Banyuwangi. Dalam pelaksanaannya, Pemkab Banyuwangi bekerja sama dengan ojek online. “Untuk memberikan bantuan makanan kepada penduduk yang sebatang kara, lansia, dengan mengirim makanan dua kali sehari setiap harinya, dan kita libatkan ojek online untuk mengantar makanannya. Makanan yang diantar tidak berada di pusat kota, tetapi juga melibatkan warung-warung terdekat, sehingga makanan tetap hangat dan gizi terjaga. Selain itu, peranan dokter dan perawat puskesmas juga dilibatkan dalam program Rantang Kasih. Pelibatan tenaga medis itu untuk mengawasi jenis daging yang boleh dikonsumsi oleh para lansia. Tenaga medis juga memastikan kondisi tubuh lansia, sehingga bisa mengetahui gizi yang diperlukan. 2. Program Inovasi Chips ( C alon H arapan I nsan P enghuni S urga).
Image of page 88
83 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Sedangkan inovasi CHIPs merupakan inovasi prioritas melayani dan solusi nasip keluarga miskin. Inovasi ini digagas oleh Puskesmas Sempu dengan memberikan pelayanan kepada keluarga miskin yang selama ini banyak mengalami hambatan dalam mengakses pelayanan kesehatan karena keadaan geografis. CHIPs berbagi peran dengan dokter sebagai pelayan dan driver pencari informasi warga miskin yang sakit, sehingga bila ada laporan, mereka akan mendatangi ke rumah warga tersebut. 3. Program Laskar Sakina. Program Laskar Sakina (Stop Angka Kematian Ibu dan Anak). Laskar tersebut beranggotakan kader kesehatan, tokoh agama & masyarakat, PKK, aparat kepolisian, hingga pedagang sayur keliling (mlijo) yang ditugaskan mencari, menemukan, dan melaporkan ibu hamil baru dengan risiko tinggi di wilayah mereka berjualan. Lewat program ini, angka kematian ibu melahirkan di Kecamatan Sempu bisa ditekan hingga zero. b. Inovasi berbasis Gesi karya mahasiswa. 1. Penciptaan inovasi bagi penyandang kebutaan Janu Arlin Wibowo Inovator Tangguh bernama Janu Arlin Wibowo, pria asal Bantul, Yogyakarta, secara individu menciptakan alat bantu bagi penyandang kebutaan mata agar bisa belajar seperti semua orang. Alat ciptaan pria berusia 27 tahun ini berupa geoboard, busur taktual, penggaris taktual, dan puzzle khusus. Empat alat bantu itu terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Penggaris taktual misalnya. Bahannya hanya dari karton bekas tipis dilengkapi angka dan satuan ukuran berbahasa braille. Kata yang menyentuh dari Janu saat menjuarai ajang inovasi di kota Yogyakarta adalah “Saya buat alat bantu belajar ini untuk membantu
Image of page 89
84 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas penyandang tunanetra yang kesulitan belajar matematika, khususnya dalam mengeksplorasi bentuk bangun datar, satuan ukuran panjang, serta ukuran sudut. Bagaimana dengan Anda? Apakah telah membuat inovasi berbasis GESI ? Yuk belajar dari Janu. Janu menghasilkan inovasi berasal dari keprihatinannya terhadap penyandang tunanetra yang selama ini kesulitan mengeksplorasi bentuk bangun datar, satuan ukuran panjang, dan ukuran sudut. Meski ketiga hal tersebut diajarkan di sekolah,
Image of page 90
Image of page 91

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 113 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors