4 setelah direndam diputar menggunakan mesin cuci

This preview shows page 13 - 15 out of 16 pages.

4. Setelah direndam diputar menggunakan mesin cuci tanpa deterjen, tujuannya untuk menghilangkan najis atau kotoran yang membandel tersebut. 5. Usai diputar dengan mesin cuci, air bekas cucian tersebut dibuang. 6. Kemudian dimasukkan pakaian lainnya ke dalam mesin cuci yang berisi pakaian yang sudah diputar oleh mesin cuci pada awal proses. 7. Dialiri air kran dan deterjen secukupnya, lalu diputar dengan mesin cuci tanpa bantuan kucekan dengan tangan. 8. Air kotor bekas cucian dibuang. 9. Diberi air dari kran lagi untuk dibilas satu kali. 10. Dikeringkan. 11. Disemprot pewangi secukupnya dan disetrika. 12. Dikemas ke dalam plastik. 13. Pakaian siap diserahkan ke pembeli jasa. Cara mencuci pakaian terkena najis: 1. Direndam terlebih dahulu di mesin cuci. 2. Dicuci menggunakan mesin cuci tanpa deterjen dan tanpa bantuan tenaga tangan. 3. Lalu air bekas cucian pakaian terkena najis dibuang. Pengguna jasa rata-rata sekali datang mencucikan 1 sampai dengan 2 kilogram. Biaya laundry setiap kilogramnya untuk cuci dan setrika Rp 4.000,00 per kilogram. Biaya untuk cuci saja atau setrika saja Rp 2.500,00 per kilogram. Rata-rata keuntungan setiap bulan sebesar Rp 3.000.000,00 sampai Rp 4.500.000,00 Beberapa penjual jasa laundry menawarkan pencucian pakaian per keluarga atau per individu (dalam jumlah tertentu) tidak dicampur dengan cucian pakaian orang lain. Sudah cukupkah cara ini dilakukan untuk mengatasi bersih dari najis? Cucian pakaian dalam satu keluarga masih dimungkinkan terkena najis, meskipun mungkin hanya najis ringan. Jadi meskipun cucian individu ataupun keluarga sudah tidak dicampur, tidak ada jaminan tidak terkena najis. Pada dasarnya menghilangkan najis diperlukan prosedur khusus, sesuai dengan tuntunan, secara umum proses mencuci menggunakan air mengalir. Namun demikian prosedur penerimaan pakaian yang akan dicuci akan lebih baik dibuat, agar pakaian yang terkena najis bisa dipisahkan dari cucian lainnya. Tahapan penerimaan pakaian yang akan dicuci dalam rangka memenuhi persyaratan syar'i adalah sebagai berikut: 1. Penjual jasa laundry harus menanyakan kepada pengguna jasanya tentang: a) Pakaian yang terkena najis.
Image of page 13
Widyarini: Pemanfaatan Peluang Bisnis Laundry …. 54 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam | Vol. XI, No. 1, Desember 2015 b) Hewan peliharaan yang dimiliki dalam rangka antisipasi adanya najis mughalladah yang memerlukan perlakuan khusus (misal: anjing). c) Jika pakaian yang terkena najis mutawassithah (darah, kencing bayi, pakaian dalam perempuan) harus disendirikan agar tidak menular ke pakaian lainnya. d) Pakaian yang warnanya luntur. 2. Cucian yang terkena najis harus disendirikan dan kemudian dicuci tersendiri dengan air mengalir atau sesuai ketentuan syariat yang berlaku, agar bersih dari najis. 3. Cucian yang sudah bersih dari najis dicampurkan dengan cucian lain, baru dimasukkan ke dalam mesin cuci. Pakaian dari satu keluarga atau individu dalam jumlah besar dicuci dalam satu kali proses. Hal ini perlu dilakukan agar pakaian dari keluarga lain yang mungkin memiliki penyakit kulit ataupun hal lain yang sifatnya menular tidak tertularkan. Karena tidak semua bakteri yang berada pada pakaian bisa mati dengan sabun cuci yang digunakan.
Image of page 14
Image of page 15

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 16 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors