Bagaimana selanjutnya apabila piutang yang telah dihapuskan ternyata debitur

Bagaimana selanjutnya apabila piutang yang telah

This preview shows page 11 - 13 out of 15 pages.

tidak dapat ditagih telah dilakukan pada waktu pembentukan penyisihan. Bagaimana selanjutnya apabila piutang yang telah dihapuskan ternyata debitur melunasi utangnya, maka dapat dibuat ayat jurnal sebanyak dua kali, yaitu sebagai berikut. 1. Penyesuaian dengan menimbulkan kembali saldo piutang. Tgl Akun Debit (Rp) Kredit (Rp) Piutang Usaha Penyisihan Piutang Tidak Tertagih 10.000.000,00 10.000.000,00 2. Pada saat penerimaan pelunasan piutang. Tgl Akun Debit (Rp) Kredit (Rp) Kas Piutang Usaha 10.000.000,00 10.000.000,00 11
Image of page 11
2.8 AKUNTANSI PAJAK Dalam Pasal 6 ayat (1) huruf h Undang-Undang Pajak Penghasilan telah mengatur pembebanan sebagai biaya atas piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagih atau lebih dikenal dengan penghapusan piutang dengan syarat: 1. telah dibebankan sebagai biaya pada laporan laba rugi komersial; 2. wajib pajak harus menyerahkan daftar piutang yang tidak dapat ditagih kepada direktorat Jenderal Pajak: dan 3. Telah diserahkan perkara penagihannya kepada Pengadilan Negeri atau adanya Perjanjiaan tertulis mengenai penghapusan piutang/pembebasan utang antara kreditur dan debitur yang bersangkutan atau telah dipublikasikan dalam penerbitan umum atau khusus, atau adanya pengakuan dari debitur bahwa utangnya telah dihapuskan untuk jumlah utang tertentu. Pelaksanaan tersebut selanjutnya akan diatur dengan atau berdasarkan peraturan menteri keuangan. Masalah yang bersangkutan dengan penghapusan piutang ini sebelumnya telah diatur dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 130/KMK.04/1998 tentang Penghapusan Piutang Tidak Tertagih yang boleh dikurangkan sebagai biaya. Dalam keputusan tersebut, yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut. 1. Piutang Tidak Tertagih yang dapat dibebankan sebagai biaya dalam menghitung Penghasilan Kena Pajak adalah Piutang Tidak Tertagih yang timbul di bidang usaha bank, lembaga pembiayaan, industri, dagang, dan jasa lainnya. 2. Piutang Tidak Tertagih yang dapat dihapuskan adalah piutang usaha sesuai dengan bidang usaha dari Wajib Pajak yang bersangkutan 3. Terdapat persyaratan dalam mengelompokkan sebagai Piutang Tidak Tertagih seperti yang telah dimuat dalam Pasal 6 ayat (1) huruf h Undang-Undang Pajak Penghasilan. Persyaratan yang diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan bersifat kumulatif, namun untuk pelaksanaan tahun 2001 mengacu pada undang-undang. Pengaturan selanjutnya seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 105/PMK/2009 Tanggal 10 Juni 2009 tentang Piutang yang Nyata-Nyata tidak Dapat Ditagih yang Dapat Dikurangkan dari Penghasilan Bruto yang diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 57/PMK.03/2010 yang berlaku pada tanggal 1 Januari 2009. Dengan tetap mengacu pada Pasal 6 ayat (1) Huruf “h” Undang-Undang Pajak Penghasilan yang dalam penegasan bahwa piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagih kepada Wajib Pajak yaitu piutang yang timbul dari transaksi bisnis yang wajar sesuai bidang usahanya yang nyata-nyata tidak dapat ditagih meskipun telah dilakukan upaya- upaya penagihan yang maksimal atau terakhir oleh Wajib Pajak.
Image of page 12
Image of page 13

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 15 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes