Pengangkutan energi atmosfer mendominasi kecuali pada lintang rendah tropis di

Pengangkutan energi atmosfer mendominasi kecuali pada

This preview shows page 19 - 22 out of 44 pages.

- Pengangkutan energi atmosfer mendominasi kecuali pada lintang rendah tropis di mana transportasi arus laut dimaksimalkan (Gambar d). Arus ini menyumbang sekitar 25% dari total transpor energi meridional. - Pengangkutan poleward di laut dari tropis ke belahan bumi musim dingin melebihi 4 petawatt (1015 Watt) di daerah tropis (area merah dan biru tua pada Gambar c). - Transportasi poleward rata-rata tahunan oleh puncak laut pada 11 ° S dan 15 ° N (garis biru pada Gambard), sedangkan transportasi atmosfer mencapai puncaknya 45 ° N (garis merah).
Image of page 19
Latent Heat and Deep Convective Cloud Distribution Pemanasan laten adalah metode terpenting transfer permukaan ke atmosfer di daerah tropis dan sumber energi dominan untuk sirkulasi tropis. Panas laten ditambahkan ke atmosfer selama kondensasi dan presipitasi dan dihilangkan selama penguapan. Lautan tropis, yang menempati sebagian besar sabuk khatulistiwa, memasok sebagian besar kelembaban untuk konveksi. Kekuatan dan lokasi konveksi tergantung pada berbagai faktor termasuk fluks permukaan panas sensible, yang dapat mengubah stabilitas atmosfer. Awan konvektif biasanya diidentifikasi oleh puncak awan dingin yang memancarkan radiasi gelombang panjang keluar (OLR) dengan nilai rendah. Di daerah konveksi yang dalam, curah hujan biasanya melebihi penguapan (daerah biru dan magenta sekitar 10 ° dari khatulistiwa pada Gambar). Di subtropis (dari garis lintang sekitar 10 ° - 40 °, berpusat pada area kuning dan oranye), penguapan melebihi curah hujan. Untuk menjaga keseimbangan panas laten, uap air harus diekspor dari daerah penguapan berlebih ke daerah curah hujan berlebih. Sebagian besar pengangkutan uap air dilakukan oleh sel Hadley. Uap air yang dibawa angin pasat ke daerah tekanan rendah ekuatorial memberi semakin banyak uap air ke sistem awan kumulonimbus.
Image of page 20
Surface-Air Interactions Bagian integral dari pengangkutan energi di dalam dan dari daerah tropis adalah interaksi antara permukaan dan atmosfer. Karena lautan menempati area permukaan yang begitu luas, interaksi atmosfer-laut adalah komponen dominan dari pertukaran energi itu. Karena air memiliki kapasitas panas yang lebih besar, respons laut terhadap variasi musiman pemanasan matahari lebih kecil daripada di daratan. Lautan kemudian dapat menyimpan panas selama musim panas dan melepaskannya selama musim dingin. Seperti disebutkan sebelumnya, transfer laut ke atmosfer terutama dari panas dan uap air melalui penguapan. Di sisi lain, angin memindahkan momentum ke laut dengan menggerakkan perairan di sekitarnya. Siklon tropis adalah contoh yang mengesankan dari interaksi ini; energinya diperoleh dari perairan laut yang hangat melalui transfer panas laten sementara anginnya mengaduk permukaan laut, mentransfer momentum ke bawah, dan meninggalkan anomali dingin di belakangnya. Selain itu, daerah pemanasan dan konveksi yang kuat diamati di benua tropis dan cekungan lautan hangat. Berbagai fenomena cuaca dan iklim dihasilkan sebagai respons terhadap pemanasan ini. Salah satu contoh yang menonjol
Image of page 21
Image of page 22

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 44 pages?

  • Spring '17
  • fdfadfdf

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture