1 DUALISME Eksponen eksponen utama dari teori dualisme adalah para penulis

1 dualisme eksponen eksponen utama dari teori

This preview shows page 10 - 13 out of 33 pages.

1. DUALISME Eksponen-eksponen utama dari teori dualisme adalah para penulis positivis, Triepel dan Anzilotti. Bagi para positivis itu, dengan konsep si teori kehendak ( consensual ) mereka tentang hukum internasional, merupakan hal yang wajar apabila menganggap hukum nasional sebagai suatu sistem yang terpisah. Dengan demikian menurut Triepel, terdapat dua perbedaan fundamental diantar kedua sisten hukum tersebut, yaitu: a. Subyek-subyek hukum nasional adalah individu-individu, sedangkan subyek-subyek hukum internasional adalah semata-mata dan secara eksklusif hanya negara-negara. b. Sumber-sumber hukum keduanya berbeda: sumber hukum nasional adalah kehenfak negara itu sendiri, sumber hukum internasional adalah kehendak berasama ( gemeinwille ) dari negara-negara.
Image of page 10

Subscribe to view the full document.

2. MONISME Berbeda dengan para penulis yang menganut teori dualisme, pengikut-pengikut teori monisme menganggap semua hukum sebagai suatu ketentuan tunggal yang tersusun dari kaidah-kaidah hukum yang mengikat, baik berupa kaidah yang mengikat negara-negara, individu-individu, atau kesatuan-kesatuan lain yang bukan negara. Menurut pendapat mereka, ilmu pengetahuan hukum merupakan kesatuan bidang pengetahuan, dan point yang menentukan karenanya adalaha apakah hukum internasional itu merupakan hukum yang sebenarnya atau bukan. Jika secara hipotesis diakui bahwa hukum internasional merupakan suatu sistem kaidah yang benar-benar berkarakter hukum, maka menurut Kelsen (1881-1973) dan penulis-penulis monitis lainnya, tidak mungkin untuk menyangkal bahwa kedua sistem hukum tersebut merupakan bagian dari kesatuan yang sama dengan kesatuan ilmu pengetahuan hukum. Dengan demikian suatu konstruksi selain monisme, khususnya dualisme, bermuara pada satu penyangkalan karakter hukum yang sebenarnya dari hukum internasional. Penulis-penulis monitis tidak akan berpendapat lain selain menyatakan bahwa kedua sistem tersebut, karena keduanya merupakan sistem kaidah-kaidah hukum, merupakan bagian-bagian yang saling berkaitan didalam suatu struktur hukum. C. Praktek Negara menyangkut Pemberlakuan Hukum Internasional di Dalam Wilayah Nasional. Praktek Inggris Praktek inggris adalah menarik suatu perbedaan antara kaidah-kaidah hukum internasional dan kaidah-laidah yang ditetapkan oleh traktat-traktat. (i). Aturan mengenai kebiasaan hukum internasional menurut penulis-penulis hukum modern dewasa ini adalah bahwa kaidah-kaidah kebiasaan hukum internasional dianggap
Image of page 11
merupakan bagian dari hukum negara, dan akan diberlakukan seperti demikian oleh pengadilan-pengadilan nasional inggris, tunduk pada dua syarat penting: a. Bahwa kaidah-kaidah tersebut tidak bertentangan dengan perundang-undangan Inggris, baik perundang-undangan itu telah ada sebelum atau baru dibuat setelah kaidah kebiasaan tersebut. b. Bahwa sekalinya ruang lingkup kaidah-kaidah tersebut ditentukan oleh pengadilan- pengadilan tertinggi Inggris, maka pengadilan-pengadilan inggris lainnya akan terikat oleh keputusan tersebut, meskipun kemudian muncul kaidah kebiasaan hukum internasional yang berbeda.
Image of page 12

Subscribe to view the full document.

Image of page 13
  • Fall '15
  • alan

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes