Kesimpulan itu dipertegas dengan ayat ayat lain yang menunjukkan bahwa sangat

Kesimpulan itu dipertegas dengan ayat ayat lain yang

This preview shows page 13 - 15 out of 27 pages.

melalaikan ayat-ayat Allah, kufur, dan harus menanggung azab. Kesimpulan itu dipertegas dengan ayat-ayat lain yang menunjukkan bahwa sangat sedikit kelompok manusia yang beriman, yang berilmu dan dapat mengambil pelajaran, yang mau bersyukur atas nikmat Allah. Kata al-nâs juga dipakai dalam Al-Qur an untuk menunjukkan bahwa karakteristik manusia senantiasa berada dalam keadaan labil. Meskipun telah dianugerahkan Allah SWT dengan berbagai potensi yang bisa digunakan manusia untuk mengenal Tuhannya, namun hanya sebagian manusia saja yang mau mempergunakannya, sementara sebagian yang lain tidak, justru mempergunakan potensi tersebut untuk menentang ke-Mahakuasa-an Tuhan. Dari sini terlihat bahwa manusia mempunya dimensi ganda, yaitu sebagai makhluk yang mulia dam yang tercela. Dari uraian di atas, bahwa pendefinisian manusia yang diungkap dalam Al-Qur an dengan istilah Al-Insân, Al-Basyar dan al-nâs menggambarkan tentang keunikan dan kesempurnaan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Hal ini memperlihatkan bahwa manusia merupakan satu kesatuan yang utuh, antara aspek material (fisik/jasmani), dan immaterial (psikis/ruhani) yang dipandu oleh ruh Ilahiah. Kedua aspek tersebut saling berhubungan. Berdasarkan urian tersebut dapat disimpulkan bahwa dimensi manusia adalah : (1) manusia sebagai mahkluk individu, (2) manusia sebagai mahkluk sosial, (3) manusia sebagai mahkluk susila, dan (4) manusia sebagai mahkluk bertuhan. 1. Manusia sebagai mahkluk individu Tidak ada manusia yang diciptakan sama dimuka bumi ini, manusia berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Setiap orang bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri, atas pikiran, perasaan, pilihan dan prilakunya. Kesadaran manusia akan diri sendiri yang dimulai dengan kesadaran adanya pribadi diantara segala yang ada, merupakan pangkal segala kesadaran terhadap sesuatu (eksistensi diri). 12
Image of page 13
Menurut Zanti & Syahrun (1991) eksistensi diri tersebut meliputi : (1) percaya diri, (2) harga diri, (3) egoisme, (4) martabat, (5) persamaan dan perbedaan kepribadian. Manusia secara individu ingin memenuhi kebutuhan dan kehendaknya masing-masing, ingin mengaktualkan dan merealisasikan dirinya dalam artian ia memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya. Setiap individu akan berusaha semaksimal mungkin untuk menemukan jati dirinya yang berbeda dengan yang lainnya. Tidak ada manusia yang ingin menjadi orang lain, dia tetap ingin menjadi “ aku” -nya sendiri, sehingga ia sadar akan individualitasnya. Kesadaran manusia akan dirinya sendiri tersebut merupakan perwujudan individualitas manusia. 2. Manusia sebagai mahkluk sosial Manusia lahir kedunia dari rahim ibunya dalam keadaan tidak mengetahui apa-apa, ia lahir dalam keadaan tidak berdaya. Namun, bersamaan dengan itu ia lahir memiliki potensi kemanusiaan berupa kekuatan pendengaran, penglihatan, budi dan nurani. Potensi kemanusiaan tersebut merupakan modal dasar bagi manusia untuk berkembang menjadi dirinya sendiri. Dalam proses pengembangan potensi kemanusiaan yang dimilikinya, tidak akan berlangsung secara ilmiah dengan sendirinya, tetapi ia membutuhkan manusia lainnya diluar dirinya sendiri,
Image of page 14
Image of page 15

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 27 pages?

  • Spring '17
  • Pak Agung

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes