Ingat Strategi 6D perlu diterapkan dengan menginternalisasi Kompetensi dalam

Ingat strategi 6d perlu diterapkan dengan

This preview shows page 103 - 106 out of 113 pages.

Ingat !!! Strategi 6D perlu diterapkan dengan menginternalisasi Kompetensi dalam modul-modul dalam pelatihan kepemimpinan pengawas. B. Merancang inovasi menggunakan kanvas model inovasi Dalam melaksanakan inovasi, kita memerlukan sebuah konsep model bisnis yang dipahami oleh seluruh elemen dalam organisasi. Sebuah model yang dapat memfasilitasi deskripsi dan diskusi. Kita perlu memulai dari titik yang sama dan mencapai kesepakatan yang sama untuk langkah strategi inovasi dengan model bisnis kanvas. Kanvas model merupakan salah satu instrumen atau alat bantu bagi peserta untuk mengidentifikasi, mendiskripsikan, menganalisis, dan merancang tugas dan fungsi, program dan kegiatan dan rencana inovasi organisasi. Kanvas model berperan sebagai model yang menggambarkan dasar pemikiran tentang bagaimana organisasi dapat menciptakan nilai-nilai organisasi dan memungkinkan implementasinya. Kanvas model adalah sebuah strategi dalam manajemen yang berupa visual chart yang terdiri dari sembilan
Image of page 103
98 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (9) elemen, diyakini bahwa kanvas model dengan 9 blok bangunan dasar ini dapat menjelaskan bisnis proses dengan sangat baik.. Model bisnis kanvas ini yang kemudian oleh LAN dikembangkan menjadi 13 elemen). Model bisnis yang diperkenalkan pertama kali oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul “ Business Model Generation” ini membuat visual chart yang cukup sederhana, untuk menuangkan berbagai aspek organisasi untuk diidentifikasi dan di analisis. Mengapa Model Kanvas bisa menjadi sebuah tools yang efektif untuk membuat perencanaan inovasi publik ? Untuk meminimalisir atau sebagai upaya bahkan meniadakan kegagalan. Karena didalam melaksanakan Inovasi meski sudah diantisipasi selalu terdapat persentase celah untuk gagal. Maka untuk mengurangi resiko kegagalan dalam berinovasi diperlukan cara pandang baru, seperti model bisnis kanvas, yang mengiringi langkah langkah inovasi. Jika sudah tercipta budaya inovasi dan menciptakan inovasi relatif menjadi sangat mudah, katakanlah mudah untuk membuat sesuatu dalam organisasi menjadi lebih baik ( better), lebih murah ( cheaper), dan lebih cepat (faster). Maka Tahap yang seringkali dianggap paling sulit adalah pada tahap validasi ide, menyatukan pendapat untuk ide tertentu yang paling tepat dan akan sukses dilakukan sebagai inovasi organisasi. Di samping itu ketepatan waktu, dan ketepatan ide untuk menjawab tantangan organisasi. Beberapa masalah yang dijelaskan di atas, menunjukkan bahwa sebuah inovasi memerlukan alur melalui Business model canvas (BMC) untuk menciptakan inovasi baru mengikuti lingkungan pada era baru yang cepat berubah. Sebelum ide perubahan dituangkan kedalam kanvas model, perlu lebih dulu “diuji” apakah ide tersebut valid untuk melakukan inovasi dengan model yang telah ada untuk mendukung organisasi. BMC ( Business Model Canvas) adalah sebuah rancangan konsep yang bersifat abstrac, sebuah model bisnis yang dianggap dapat merepresentasikan strategi dan bisnis proses dalam organisasi ( Alex Osterwakler, 2009.).
Image of page 104
99 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas
Image of page 105
Image of page 106

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 113 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors