1 Salah satu cara untuk mengontrol dan menstabilisasi kegoyangan gigi adalah

1 salah satu cara untuk mengontrol dan menstabilisasi

This preview shows page 2 - 4 out of 10 pages.

1 Salah satu cara untuk mengontrol dan menstabilisasi kegoyangan gigi adalah splinting . Splinting diindikasikan pada keadaan kegoyangan gigi derajat 3 dengan kerusakan tulang berat. Adapun indikasi utama penggunaan splint dalam mengontrol kegoyangan yaitu imobilisasi kegoyangan yang menyebabkan ketidaknyamanan pasien serta menstabilkan gigi pada tingkat kegoyangan yang makin bertambah. Ditambahkan oleh Strassler dan Brown splinting juga digunakan untuk mengurangi gangguan oklusal dan fungsi mastikasi. 1 Splinting dilakukan pada terapi inisial (fase etiotropik) dalam rencana perawatan penyakit periodontal. Tindakan yang dilakukan pada fase pertama adalah pemberian kontrol plak yang meliputi motivasi edukasi dan instruksi, skeling dan penghalusan akar, splinting dan terapi oklusal, serta pemberian terapi penunjang berupa antimikroba. 1 Splint , menurut Glossary of Periodontic Terms (1986) merupakan “sebuah piranti yang didesain untuk menstabilkan gigi disertai mobilitas”. Splint dapat dibuat dalam bentuk yang menyatu dengan tumpatan komposit, gigitiruan jembatan, protesa sebagian lepasan, dll. 2 TUJUAN PENELITIAN Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui splinting yang merupakan salah satu alternatif kegoyangan gigi adalah pada penyakit periodontal. 1 TINJAUAN PUSTAKA Periodontal splint adalah alat yang dapat digunakan untuk stabilisasi atau immobilisasi gigi yang mengalami kegoyangan. Splint terdiri dari splint sementara dan splint permanen. Indikasi splint sementara adalah untuk stabilisasi gigi goyang sebelum dan selama terapi peridontal dengan tujuan unutk mengurangi trauma pada waktu perawatan dan mempercepat proses penyembuhan, contohnya wire ligature splint . Pemakaian splint permanen merupakan bagian dari fase restorasi atau fase rekonstruksi dari perawatan periodontal. Splint permanen sangat terbatas penggunaannya. Digunakan bila benar-benar dipergunakan untuk menambah stabilitas tekanan oklusal. 1
Image of page 2
Alternatif splinting pada kegoyangan gigi akibat penyakit periodontal 211 Splinting biasanya dilakukan pada fase terapi inisial, dimana terapi inisial bertujuan untuk membuang semua faktor lokal yang menyebabkan peradangan gingival serta pemberian instruksi dan motivasi pasien dalam melakukan kontrol plak. Terapi inisial juga disebut sebagai fase etiotropik karena bertujuan untuk menghilangkan faktor etiologi penyakit periodontal. Terapi inisial mencakup kontrol plak yang meliputi motivasi, edukasi dan instruksi dari pasien, skeling dan penghalusan akar, rekonturing restorasi, pembuangan karies, pemberian antimikroba serta evaluasi jaringan. Pencapaian perawatan melalui bedah periodontal dapat dilakukan bilamana terapi inisial berhasil dengan baik. 1 Splinting biasanya dilakukan pada fase inisial, sebelum fase bedah, baik berupa splinting sementara maupun splinting permanen. Beberapa penelitian menunjukkan splinting dapat meningkatkan resistensi jaringan terhadap kerusakan periodontal lebih lanjut dan mempercepat respon penyembuhan.
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 10 pages?

  • Spring '20

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors