Fintech adalah sebuah segmen dari dunia startup yang memiliki fokus untuk

Fintech adalah sebuah segmen dari dunia startup yang

This preview shows page 13 - 16 out of 17 pages.

belakangan ini semakin populer. Fintech adalah sebuah segmen dari dunia startup yang memiliki fokus untuk memaksimalkan penggunaan teknologi guna mengubah, mempercepat atau mempertajam berbagai aspek dari layanan keuangan yang tersedia saat ini, mulai dari cara pembayaran, transfer dana, pinjaman, pengumpulan dana, hingga pengelolaan aset. 9.1 Industri 4.0 dan akuntansi lingkungan Industri 4.0 dapat digunakan untuk meningkatkan akuntansi lingkungan eksternal dan akuntansi manajemen lingkungan saat digitalisasi luas terjadi di revolusi industri keempat. Pengembangan teknologi dalam akuntansi lingkungan terkait Industri 4.0 dapat mencakup : 1. Kualitas data yang lebih baik-ketepatan waktu, akurasi, keandalan, dan komparabilitas yang ditingkatkan dari data akuntansi lingkungan yang dilaporkan. 2. Keleluasaan manajemen atas apa yang diukur, dan bagaimana pengukurannya dan dilaporkan. 3. Greenwash dan Brownwash. 4. Kredibilitas data yang lebih tinggi. 9.2 Peran Profesi Akuntan Salah satu ancaman dari industri 4.0 adalah mematikan beberapa profesi. Peran akuntan mulai bergeser, sebagaian pekerjaan akuntan akan diambil oleh sistem (loss-job) jika tidak mampu melihat tantangan yang ada saat ini. Beberapa tantangan profesi akuntan antara lain: 1. Penggunaan aplikasi mobile bagi perusahaan, sehingga pemilik dan pimpinan perusahaan bisa mengakses data akuntansi/bisnisnya dari telepon genggam, tablet, atau smartphone. 2. Mengelola dan korporasi berbasis internet. 3. Pengukuran dan penilaian biaya dan manfaat penggunaan teknologi, pada dunia cloud computing dan social networking. 4. Akuntansi akan berkurang karena penggunaan perangkat lunak sehingga akuntansi dijalankan secara mandiri. 5. Audit laporan keuangan akan berbasis real-time, regulator dan auditor dapat langsung menarik data secara otomatis dari sistem dan sensor melekat pada kegiatan operasional. Akuntan adalah expert dalam bidang penyedia informasi keuangan, maka teknologi informasi sangat penting menjadi kebutuhan pokok. Dalam menghadapi revolusi industri 4.0, akuntan perlu menyiapkan langkah: a) Awarenes;s b) Education; c) Profesional Development; d) Reaching Out; e) Melakukan investasi pada pengembangan digital skills; dan f) Menerapkan prototype teknologi baru, sambil learn by doing. Pengembangan keterampilan harus dilakukan karena akan adanya perubahan dalam peran akuntan pada era 4.0.
Image of page 13

Subscribe to view the full document.

Menyediakan insight atas data Mengidentifikasi pertanyaan atas data Melakukan analisis statistical Mengecek kualitas data Menginterpretasikan hasil olah data Menjadi penasehat Sebagai penasehat bisnis umum Sebagai penasehat spesialis Mengambil peran sebagai partner bisnis Bermitra dengan Teknologi Memanipulasi data Bekerja dengan robot atau mesin sejenisnya Melatih model kecerdasan buatan (artificial intelligence) Berkembang ke Area-area baru Berkelanjutan Non financial reporting Cyber Security Tabel 9.1 Perubahan peran akuntan di Era 4.0
Image of page 14
TATA KELOLA PEMERINTAHAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Tata kelola pemerintahan pada masa revolusi industri 1.0 menekankan pada market governance, sebab sumber daya kunci adalah tenaga kerja. Pada revolusi industri 2.0 ketika
Image of page 15

Subscribe to view the full document.

Image of page 16
  • Fall '17
  • DR. AINI INDRIJAWATI, SE., M.Si., AK., CA.

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask bonus questions You can ask questions ( expire soon) You can ask questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes