Public Accountant of Indonesia CPA dari Institut Akuntan Publik Indonesia IAPI

Public accountant of indonesia cpa dari institut

This preview shows page 7 - 9 out of 17 pages.

Public Accountant of Indonesia (CPA) dari Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Peraturan perundang-undangan yang berlaku mewajibkan setiap Akuntan Publik untuk menjadi anggota IAPI selaku Asosiasi Profesi Akuntan Publik. Demikian pula bagi pemegang CPA yang merupakan bagian dari profesi Akuntan Publik, meskipun belum memiliki izin Akuntan Publik, IAPI juga menetapkan bahwa CPA tersebut harus menjadi anggota IAPI. Kewajiban keanggotaan tersebut ditetapkan dalam rangka menjaga kesadaran dan pemahaman secara terus-menerus para Akuntan Publik dan/atau CPA mengingat peran dan tanggung jawab mereka sangat penting dalam rangka melindungi kepentingan publik terutama berupa ketersediaan informasi keuangan yang berkualitas. Oleh karena itu, tanggung jawab setiap Akuntan Publik dan setiap CPA tidak hanya terbatas pada kepentingan klien atau pemberi kerja. Pada saat bertindak untuk kepentingan publik, setiap Akuntan Publik atau CPA harus memperhatikan dan mematuhi ketentuan Kode Etik ini. Jika Akuntan Publik atau CPA dilarang mematuhi bagian tertentu dari Kode Etik ini oleh peraturan perundang-undangan, Akuntan Publik atau CPA tersebut harus tetap mematuhi 7
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

bagian lain dari Kode Etik ini. Prinsip kode etik profesi akuntan publik di Indonesia sama dengan prinsip kode etik akuntan profesional yang disampaikan oleh IAI. 2.2 Profil Perusahaan Sun Prima Nusantara Pembiayaan (SNP) Finance merupakan perusahaan multi finance, anak perusahaan dari grup bisnis Columbia. Columbia adalah perusahaan retail yang menjual produk perabotan rumah tangga seperti alat-alat elektronik dan furnitur. Dalam menjual produknya, Columbia memberikan opsi pembelian dengan cara tunai atau kredit cicilan kepada customernya, dan SNP Finance inilah yang menjadi partner Columbia dalam memfasilitasi kredit dan cicilan bagi customer Columbia. Columbia sendiri mempunyai jumlah outlet yang sangat banyak, tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, yang membuat SNP Finance harus memiliki modal kerja ( working capital ) dalam jumlah yang besar untuk menutup kredit para customer Columbia. SNP Finance memperoleh dana untuk mencukupi modal kerja yang dibutuhkan dengan cara menghimpun dana melalui pinjaman Bank. Kredit yang diberikan bank kepada SNP Finance terdiri dari dua jalur, yang pertama melalui joint financing , dimana beberapa bank bergabung dan memberikan pinjaman, dan yang kedua adalah secara langsung, dari sebuah bank kepada SNP Finance. Bank Mandiri tercatat sebagai pemberi pijaman terbesar kepada SNP Finance. Bank-bank yang memberikan pinjaman tersebut adalah kreditor, mereka punya kepentingan untuk mengetahui bagaimana dana yang mereka pinjamakan ke SNP Finance. Dalam hal ini bank bergantung pada informasi keuangan yang tertuang dalam laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen SNP Finance. SNP Finance menggunakan jasa Kantor Akuntan Publik (KAP) Deloitte Indonesia yang merupakan salah satu Kantor Akuntan Publik (KAP) asing elit (disebut the Big Four) untuk mengaudit laporan keuangannya.
Image of page 8
Image of page 9
  • Fall '19
  • Pwartha Dharma

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes