Para pedagang umumnya melakukan grading berdasarkan ukuran Ukuran ukuran yang

Para pedagang umumnya melakukan grading berdasarkan

This preview shows page 23 - 25 out of 50 pages.

Para pedagang umumnya melakukan grading berdasarkan ukuran. Ukuran-ukuran yang umum dipakai adalah ukuran A (besar), B (menengah) and C (kecil). Semakin besar ukuran semakin mahal harganya. Selisih antar tingkat mutu ini berkisar antara Rp 200-Rp 500 per kg. Ada juga pembagian selanjutnya untuk kentang-kentang yang lebih kecil yaitu ukuran DN, TO, dan TR. Cara menjual kentang bervariasi. Ada pedagang yang menjual dalam karung dan tidak digrading. Kualitasnya biasa disebut sebagai kentang ABC (atau campuran). Pembelinya biasanya pedagang lain untuk dijual kembali. Selain menjual dalam karungan, kebanyakan pedagang juga menjual dalam bentuk curah yang sudah digrading. Harga kentang bervariasi berdasarkan wilayah, lokasi pasar dan mutu sebagaimana telah dikemukakan dalam sub-bab terdahulu. Harga kentang cenderung untuk naik pada bulan-bulan tertentu seperti Ramadan, Syawal (Iedul Fithri), atau pada saat terjadi gagal panen. Sementara pada bulan-bulan lain atau pada saat terjadi panen raya harga bisa turun pada dasarnya disadari bahwa harga akan naik bila suplai berkurang atau permintaan tinggi, begitu pula sebaliknya. Pedagang juga menyatakan bahwa harga kentang berfluktulasi tidak hanya bulanan bahkan kadang berubah dalam satuan jam. Akan tetapi fluktulasi harga kentang ini tidaklah besar, tidak seperti harga cabe atau bawang merah/putih yang bisa naik sepuluh dua puluh kali lipat. Kenaikan pada bulan-bulan tertentu tersebut di atas dianggap hal yang wajar atau umum EKONOMI MIKRO Page 23
Image of page 23
dialami oleh semua bahan makanan. Oleh karena itu pola naik turunnya harga kentang sulit untuk dikaitkan pada bulan-bulan tertentu. Kemasan yang umum digunakan adalah karung plastic yang jarang. Kemasan ini memuat kentang sebanyak 30-60 kg. Dalam kemasan inilah pedagang pasar induk menerima dari pedagang pengumpul di daerah produksi. penjualan dalam jumlah besar (grosiran) juga dilakukan dalam kemasan ini. Beberapa pedagang juga menggunakan kertas semen untuk pembelian yang lebih kecil dan menggunakan kantung plastik (putih atau hitam) untuk penjualan eceran. Ada beberapa masalah yang sering kali dihadapi oleh pedagang seperti sulit mendapatkan kentang dengan kualitas baik seperti kentang Dieng, tingginya harga beli, ulah pedagang besar yang mempermainkan harga, dan permintaan yang kecil serta kentang yang membusuk. Untuk itu mereka mengharapkan harga di tingkat petani dapat diturunkan, dan mutu dapat ditingkatkan atau memperbanyak kentang ukuran besar 2Pasar Lokal Tradisional Pedagang pasar lokal umunya menerima kentang yang berasal dari daerah produksi terdekat. Pedagang di Malang menerima kentang dari Batu dan Tosari. Di Batang mereka menerima kentang Dieng, dan di Bogor. Akan tetapi di Bogor asal kentang mereka bervariasi dari berbagai tempat termasuk Dieng, Pangalengan, and Medan. Mungkin karena wilayahnya yang dekat Jakarta sehingga kentang yang masuk ke Jakarta juga masuk ke Bogor. Mereka umumnya tidak dapat membedakan perbedaan kualitas berdasarkan asal produksinya, apalagi menggambarkan pola suplainya. Hal ini disebabkan oleh suplainya jelas dari daerah yang sama ataupun kurang beragamnya asal kentang tersebut. Rata-
Image of page 24
Image of page 25

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 50 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors