Adalah populasi yang menjadi sasaran penelitian yang

This preview shows page 12 - 14 out of 14 pages.

adalah populasi yang menjadi sasaran penelitian yang nantinya akan menjadi cakupan kesimpulan. c. Populasi Terjangkau Populasi itu disebut pupulasi terjangkau apabila populasi yang terdiri atas sekelompok subjek/objek yang dijadikan sasaran penelitian itu terdata. Misalnya siswa kelas IX SMP N FAJAR tahun pelajaran 2009/2010. d. Kerangka Sampling Sampling adalah sebuah prosedur atau cara untuk memilih bagian unit yang ada dalam suatu populasi. e. Sampel Sampel adalah bagian dari jumlah subyek/objek dan karakteristik yang dimiliki populasi tersebut, yang menjadi pusat atau fokus pengamatan dalam penelitian.
Image of page 12

Subscribe to view the full document.

8. Jelaskan perbedaan antara penarikan sampel random (probabilitas) dan nonrandom (nonprobabiltas)! Jawab : 1. Sampel Probabilitas Sampel probabilitas adalah himpunan unit / elemen observasi yang dipilih sedemikian rupa sehingga unit/elemen dalam populasi tersebut memiliki peluang yang sama untuk terpilih. Jenis – jenis sampel probabilitas a. sampel acak sederhana b. sampel acak berlapis c. sampel acak klaster d. sampel acak dua tahap 2. Sampel Nonprobabilitas Sampel nonprobabilitas adalah angggota populasi tidak diberi kesempatan / peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Jenis – jenis sampel nonprobabilitas : Sampel sistematis Sampel purposif Sampel kuota 9. Bagaimana langkah-langkah di dalam penyusunan instrumen penelitian? Jawab : Menurut Hadjar, yaitu: 1). Mendefinisikan variabel; 2). Menjabarkan variabel ke dalam indikator yang lebih rinci; 3). Menyusun butir-butir; 4). Melakukan uji coba; 5). Menganalisis kesahihan (validity) dan keterandalan (reliability) . Suryabrata untuk alat ukur khususnya atribut non-kognitif adalah: 1). Pengembangan spesifikasi alat ukur; 2). Penulisan pernyataan atau pertanyaan; 3). Penelaahan pernyataan atau pertanyaan; 4). Perakitan instrumen (untuk keperluan uji-coba);
Image of page 13
5). Uji-coba; 6). Analisis hasil uji-coba; 7). Seleksi dan perakitan instrumen; 8). Administrasi instrumen; 9). Penyusunan skala dan norma 10. Bagaimana Penulisan Daftar pustaka yang baik ? Jawab : Berikut ini beberapa panduan untuk menulis daftar pustaka yang baik: 1. Nama penulis diurutkan sesuai alfabetis dari A-Z, nama pengarang yang ditulis lebih dahulu adalah nama belakang, jika ada nama atau buku asing maka sebaiknya didahulukan dulu untuk ditulis. 2. Beri Tanda titik sebagai jeda kemudian tulis tahun buku diterbitkan 3. Selanjutnya beri tanda titik lagi dan tulis judul buku yang dicetak miring atau ditulis tebal dan diberi garis bawah. 4. Beri tanda titik lagi kemudian tulis kota tempat buku diterbitkan. 5. Yang terakhir setelah kota beri titik dua dan tulis penerbit buku tersebut 6. Jika yang dipakai referensi pengarangnya sama tapi bukunya berbeda, anda dapat menuliskannya tepat dibawah nama penulis dan memberi garis panjang. 7. Sebaiknya dipisah antara referensi yang berasal dari buku, internet atau media cetak.
Image of page 14
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes