63 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas baru

63 modul berpikir kreatif dalam pelayanan pelatihan

This preview shows page 69 - 71 out of 113 pages.

63 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas baru yang berbeda dari sebelumnya atau tidak pernah ada sebelumnya. Lepak, dkk, Akademic Management Review dalam Avanti Fontana (2011:30) menitik beratkan bahwa inti inovasi adalah penciptaan nilai. Langsung.Dalam hal ini inovasi dapat dilihat dari tingkat individu, tingkat organisasi maupun tingkat masyarakat. Inovasi pada tingkat individu menitikberatkan pada kemampuan, motivasi, intelligensi, interaksi individu dengan lingkungannnya yang akan menunjang individu untuk menciptakan nilai untuk bertindak kreatif dan membuat pekerjaannya lebih inovatif sehingga kinerja individu lebih meningkat. Peningkatan kinerja individu akan berdampak pada kinerja organisasi. Dengan demikian penciptaan nilai inovatif yang terjadi pada individu akan berdampak pada kinerja organisasi. Bagaimana dengan jenis inovasi ? Djamaludin Ancok berpendapat inovasi bukan hanya menyangkut penciptaan suatu produk seperti komputer, radio maupun mobil namun juga meliputi aspek proses, metode, struktur, hubungan, strategi pola pikir, produk dan inovasi pelayanan. Inovasi proses adalah sebuah inovasi untuk menyederhanakan suatu proses agar lebih sederhana agar lebih efisien dan ini akan memberikan kepuasan bagi pelanggan. Inovasi metode lebih banyak digunakan di dunia pendidikan dan pelatihan sehingga metode yang digunakan lebih menarik, interaktif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sedangkan inovasi struktur organisasi lebih menitik beratkan pada inovasi pada perubahan struktur organisasi sehingga lebih fleksibel. Inovasi produk lebih menitik beratkan pada inovasi produk yang lebih multiguna. Sedangkan inovasi pelayanan untuk meningkatkan inovasi kepada pelanggan, sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Bagaimana karakteristik Inovasi? Regers (1983) mengemukakan Lima karakteristik inovasi meliputi:
Image of page 69
64 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas keunggulan relatif ( relative advantage), kompatibilitas ( compatibility ), kerumitan ( complexity ), kemampuan diuji cobakan ( trialability ) dan kemampuan diamati ( observability ). Secara garis besar penjabarannya adalah sebagai berikut : 1. Keunggulan relatif adalah derajat dimana suatu inovasi dianggap lebih baik/unggul dari yang pernah ada sebelumnya. Hal ini dapat diukur dari beberapa segi, seperti segi eknomi, prestise social , kenyamanan, kepuasan dan lain-lain. Semakin besar keunggulan relatif dirasakan oleh pengadopsi, semakin cepat inovasi tersebut dapat diadopsi. 2. Kompatibilitas Kompatibilitas adalah derajat dimana inovasi tersebut dianggap konsisten dengan nilai-nilai yang berlaku, pengalaman masa lalu dan kebutuhan pengadopsi. Nilai tersebut dapat berupa nilai agama, adat kebiasaan bahkan dengan aturan yang ada. Sebagai contoh, jika suatu inovasi atau ide baru tertentu tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, maka inovasi itu tidak dapat diadopsi dengan mudah sebagaimana halnya dengan inovasi yang sesuai (compatible).
Image of page 70
Image of page 71

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 113 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors