Produk yang beredar dan diperjual belikan bersifat heterogen beraneka ragam

Produk yang beredar dan diperjual belikan bersifat

This preview shows page 43 - 46 out of 50 pages.

Produk yang beredar dan diperjual belikan bersifat heterogen (beraneka ragam) Berbeda dengan pasar monopoli yang hanya menjual produk bersifat homogen, dalam pasar monopolistik produk yang diperjual belikan bersifat heterogen, tidak sama satu dengan yang lain, baik dari segi wujud, kualitas dan lainnya. Promosi dan iklan aktif dilakukan Dalam pasar monopolistik harga bukan satu satunya yang menentukan, belum tentu harga yang murah jadi sasaran para konsumen, belum tentu juga harga mahal tidak disukai konsumen, konsumen lebih memilih mana yang paling baik dan sesuai kebutuhan, jadi mau tidak mau untuk membuat konsumen tertarik pada produk maka perusahaan atau produsen harus gencar melakukan promosi dan pengenalan produk. Mudah untuk keluar masuk pasar. Dalam pasar monopolistik ini produsen atau perusahaan bisa keluar masuk dengan bebas tanpa syarat. Karena laba yang ada di pasar ini fluktuatif, terkadang ada banyak penjual atau produsen yang bersaing di pasar ini dikarenakan banyak laba yang bisa EKONOMI MIKRO Page 43
Image of page 43
diperoleh, begitu juga sebaliknya ketika dianggap sulit mendapatkan laba maka produsen akan keluar dari pasar tersebut. Keberadaan produsen bisa mempengaruhi harga Dalam pasar monopolistik produsen memang bisa mempengaruhi harga tetapi tidak sesignifikan pada pasar monopoli, perubahan harga terjadi hanya karena perbedaan corak suatu produk bukan karena kekuasaan. Dimana produsen mampu menggunakan strategi untuk memainkan harga namun juga tidak sampai kehilangan pelanggan atau konsumen. Pasar monopolistik memiliki kelemahan dan kelebihan dibanding dengan pasar yang lainnya, yaitu : Kelebihan pasar monopolistik Konsumen mendapatkan kebebasan memilih produk sesuai kebutuhan dan keinginannya karena produk yang dijual banyak dan bersifat heterogen, jadi banyak pilihan bagi konsumen. Kemudahan dan kebebasan keluar masuk pasar, mendorong produsen untuk selalu menghasilkan produk baru dan menimbulkan kreatifitas. Deferensiasi produk membuat konsumen lebih selektif dalam memilih produk dan cenderung loyal terhadap produk yang disukainya. Kelemahan pasar monopolistik Rentan terjadi persaingan yang tidak sehat, karena semua produsen berlomba- lomba mendapatkan pelanggan dengan tujuan mendapat keuntungan maksimal. Pihak yang tidak memiliki skill atau dana yang lebih akan mudah tergusur dari pasar ini karena tingkat persaingan yang ada sangatlah tinggi baik dari segi kualitas, harga serta pelayanan. Cenderung terjadi kenaikan harga karena adanya inovasi dalam menciptakan produk yang lebih baik dan baik lagi. EKONOMI MIKRO Page 44
Image of page 44
5. Pasar Oligopsoni Para oligopsoni merupakan salah satu bentuk dari pasar persaingan tidak sempurn dimana didalamnya terdapat beberapa pembeli. Pasar oligopsoni memiliki ciri-ciri sebagai berikut : Ada beberapa pembeli di dalamnya. Harga pasar yang berlaku cenderung stabil tidak fluktuatif.
Image of page 45
Image of page 46

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 50 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors